KPI Kalteng Visitasi ke Dinas Kelautan dan Perikanan.

Palangka Raya, KP – Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Tengah dipimpin Daan Rismon melakukan visitasi ke Dinas Kelautan dan Perikanan setempat, dan diterima Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng H. Darliansjah, didampingi Ketua Tim Pejabat Publikasi Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dislutkan Yuliani.

Visitasi Tim Penilai KI Kalteng tersebut dalam rangka pemeringkatan keterbukaan informasi badan publik di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021.

Menurut Ketua Tim Visitasi Daan Rismon, pada penilaian tahun 2020 lalu tidak melakukan visitasi, dan kami lakukan dengan cara pengiriman kuisioner, tanya jawab, pemantauan website Dinas terkait, serta presentasi perwakilan PPID tiap OPD. Kemudian, tahun 2021 ini baru bisa kami lakukan penilaian secara visitasim

Pada tahun Dislutkan Prov. Kalteng meraih Peringkat 1 dengan nilai 96,54 dan kualifikasi Informatif. Bahkan sekarang banyak OPD lain yang merasa terpacu untuk mencontoh Dislutkan menjadi badan publik yang informatif tersebut.

“Tim KI pun berharap Dislutkan Kalteng mampu mempertahankan peringkat tersebut,” ujar Daan Rismon.

Darliansjah selaku penanggung jawab PPID Dislutkan menjelaskan, terkait slogan khas Dislutkan yaitu Komitmen ASN BerAKHLAK & SUKA IKAN. ASN BerAKHLAK & SUKA IKAN merupakan kepanjangan dari Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaborasi, Sinergitas, Unggul, Kompetitif, Andalan, Inovatif, Kreatif, Ahli, Networking.

Berita Lainnya
1 dari 583

Disebutkan, inovasi-inovasi layanan publik yang ada di dinasnya berupa website Dislutkan Kalteng (www.dislutkan.kalteng.go.id), media sosial facebook dan instagram, serta aktif sebagai kontributor MMC Kalteng.

Pihaknya juga ada website geoportal laut berkah (www.geoportal-lautberkah.kalteng.go.id) namanya, web tersebut salah satunya akurasi data, pengumuman informasi layanan terkait hak-hak masyarakat, wisata pantai, dan alokasi ruang laut.

“Bahkan kami memiliki aplikasi mobile layanan PPID berbasis android dan masih dalam pengembangan,” jelasnya.

Saat Tim Penilai KI diterima, juga berkesempatan melihat Ruang PPID Dislutkan Kalteng yang digunakan oleh Tim PPID untuk melakukan kegiatan publikasi, arsip publikasi berita dan artikel serta dokumen-dokumen lain.

Sistem publikasi dan inovasi pelayanan publik yang baik, tidak lepas dari adanya sinergitas oleh seluruh ASN Dislutkan, terutama Tim PPID yang ada di dalamnya.

“Saya dan pejabat struktural ini bertugas mendorong yang muda-muda di dalam tim kami agar terus berinovasi dan konsisten, lebih-lebih bisa menjadi inspirasi oleh OPD lain, atau bahkan diharapkan bisa menjadi perwakilan Kalteng dalam keterbukaan informasi ke penilaian nasional. (drt/k-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya