Wabup : Aparat Desa dan SKPD Perpanjangan Tangan Pemerintah

Tanjung, KP – Sudah menjadi hirarki pelayanan, bahwa yang langsung bersentuhan dengan masyarakat adalah aparat yang paling bawah, maka mereka merupakan perpanjangan tangan pemerintah.

Hal itu, diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Tabalong Drs H Mawardi M.Si, di acara sosialisasi Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) Tabalong tahun 2021 belum lama tadi di Aston Tanjung City Hotel, Mabuun.

Menurut Mawardi, aparat desa dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, terlebih jika ada kebijakan terbaru pemerintah seperti kebijakan terbaru tentang pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) yang mempermudah masyarakat. “Aparat desa serta SKPD terkait adalah mitra kerja atau perpanjangan tangan dan penyambung lidah dari Disdukcapil yang berhadapan langsung dengan masyarakat,” ujarnya.

“Oleh karena itu peranan dalam sosialisasi ini sangat penting bagi kelancaran dilaksanakan pelayanan dalam rangka mempermudah masyarakat mendapatkan haknya berupa dokumen kependudukan dan pencatatan sipil,” sebut Mawardi.

Berita Lainnya

Komisi IV Dorong Minat Baca

Bendungan Kinarum Rampung Desember 2021

1 dari 292

Dalam kesempatan itu, Mawardi meminta para aparat Pemdes atau kelurahan serta SKPD agar bersama-sama bisa mewujudkan masyarakat sadar administrasi kependudukan melalui gerakan yang disebut GISA. “Fokus GISA meliputi empat hal yaitu sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemutakhiran data kependudukan, sadar pemanfaatan data kependudukan dan sadar melayani administrasi kependudukan,” ujarnya.

“Dengan adanya sosialisasi GISA ini aparat desa diharapkan dapat mewujudkan 4 hal yang menjadi fokus GISA tersebut demi membahagiakan layanan masyarakat,” sebut Mawardi.

Selebihnya, orang nomor dua di Kabupaten Tabalong ini meminta kepada Disdukcapil bisa terus mengadakan kegiatan serupa, dengan kembali mengundang ataupun jemput bola ke seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Tabalong.

Sehingga diharapkan agar setiap program Nasional GISA dapat berjalan dengan cepat dan lancar, begitu pula diharapkan kedepannya daerah kita kabupaten Tabalong dapat terus melakukan perbaikan secara maksimal terkait bagaimana kita melakukan inovasi layanan publik terkait pelayanan Adminduk yang baik,” demikian pungkas Wabup Tabalong. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya