Dinas Koperasi, UMKM dan Perindag Balangan Gelar Sidang Tera Ulang UTTP

Paringin, KP – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Balangan melaksanakan sidang tera ulang alat ukur, takar, timbangan dan perlengkapannya (UTTP) di sejumlah pasar di Balangan, Rabu (24/11/2021) kemarin.

Dikatakan Kabid Standarisasi, Stabilisasi Pengawasan Perdagangan, Dinas Koperasi, UMKM, Perindag Balangan, M. Syaiful Bahri bahwa kegiatan tera ulang ini dilaksanakan bersama fasilitasi tenaga ahli penera dan reparatir dari Balai Standarisasi Metrologi Regional III wilayah Kalimantan Selatan.

Dijelaskannya, dalam tera ulang ini, pihaknya memberikan satu pelayanan untuk menjamin kebenaran pengukuran timbangan yang dimiliki pelaku usaha dalam melakukan transaksi perdagangan.

Berita Lainnya
1 dari 579

“Sidang tera ini dilakukan sebagai upaya perlindungan konsumen agar tidak terjadi kecurangan dalam transaksi jual beli,” kata dia.

Dia menambahkan untuk timbangan yang rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi, maka akan dilakukan tanda batal berlogo segitiga.

“Ya, konsumen harus tahu juga, kalau timbangan ada tanda batal berlogo segitiga, timbangan tersebut tidak bisa digunakan lagi. Artinya barang itu tidak bisa digunakan dan dimusnahkan. Ya, kalau logo itu dilepas akan terkena denda,” imbuhnya.

Diketahui pula sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan sidang tera ulang pompa ukur di tiga SPBU di wilayah Balangan serta jembatan timbang yang berlokasi di site Adaro dan perkebunan sawit di Kecamatan Juai. (srd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya