Pemkab Balangan Optimis Raih Opini WTP Ke-9 Kali

Paringin, KP – Wakil Bupati Balangan H Supiani mengaku optimis untuk kesembilan kalinya Pemkab Balangan kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan.

“Kami Harus optimis (meraih opini WTP), tim juga sudah bekerja dengan maksimal. Ini yang ke sembilan, delapan kali kami mendapatkan WTP,” ujar Wabup H Supiani usai kegiatan Entry Briefing pemeriksaan kepatuhan atas belanja modal tahun anggaran 2021 bersama BPK RI Perwakil Kalsel, di Ruang Rapat Bupati Balangan, Rabu (24/11/2021) kemarin.

Diketahui, Pemerintah kabupaten Balangan bersama Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan telah melaksanakan Entry Briefing pemeriksaan kepatuhan atas belanja modal tahun anggaran 2021, yang dihadiri Wabup Balangan H Supiani, Sekdakab H Sutikno dan para Kepala OPD.

Supiani didampingi Sekda berharap kepada seluruh kepala SKPD agar jangan meninggalkan tempat, supaya memudahkan dalam pemeriksaan.

“Kita berharap kualitas penyampaian laporan keuangan lebih baik dari tahun sebelumnya berdasarkan penilaian oleh BPK RI. Agar WTP ke-9 kali bisa kita raih,” sebut dia.

“Karena ini bentuk pertanggungjawaban kita dalam pengelolaan keuangan. Opini WTP bentuk bahwa pertangungjawaban keuangan sudah sesuai mekanisme standar akuntansi yang ditetapkan oleh BPK,”ungkapnya lagi.

Diakuinya, memang kesulitan kita sekarang ini dengan adanya perubahan SKPD dari 33 menjadi 22 karena banyak yang digabung.

Berita Lainnya
1 dari 578

“Yang jadi permasalahan adalah aset-aset dari SKPD ini, tetapi untungnya dari BPK memahami masalah tersebut. Karena juga terjadi di kabupaten-kabupaten lain,” imbuhnya.

Sementara itu, Suherman dari BPK RI Perwakilan Kalsel menyampaikankan bahwa kegiatan Entry Briefing pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menciptakan tertib administrasi dan anggaran di jajaran.

‘Karenanya kami berharap adanya kerja sama dan kepatuhan dari seluruh jajaran untuk pelaksanaan pemeriksaan yang lebih baik lagi,” tandasnya.

Kemudian, Sekdakab Balangan H Sutikno Mengharapkan kepada seluruh SKPD agar konsisten untuk mengawal hal ini.

“Waktu kita berjalan kurang lebih satu bulan akan habis, bahkan proses anggaran sendiri sebelum 15 Desember sudah clear semua,” ujarnya.

Maka dari itu, Sutikno berharap semua SKPD pekerjaannya agar sedikit lebih di tekan juga bisa dibilang kejar tayang.

“Kami mengakui sangat optimis bahwa Kabupaten Balangan akan mendapatkan predikat WTP yang kesembilan kalinya,” pungkas Tikno. (srd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya