Karli Sosialisasikan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

Banjarmasin, KP – DPRD  Provinsi Kalsel memiliki kewajiban yan diamanatkan oleh UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 108.

Kewajiban dimaksud, antara lain memegang teguh dan mengamalkan Pancasila serta kewajiban untuk mempertahankan dan memelihara kerukunan nasional dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Memenuhi kewajiban tersebut, anggota DPRD Provinsi Kalsel DR.H.Karli Hanafi Kalianda, SH.MH, Rabu (24/11/2021) di Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala, mensosialisasikan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan dengan tema “Peran Bhinneka Tunggal Ika dalam Peningkatan Persatuan dan Kesatuan”.

Di hadapan para kepala desa se Anjir Muara, perangkat desa dan tokoh masyarakat, Karli menjelaskan tentang empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.”Empat pilar kebangsaan ini ada;aj kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa  yang adil, Makmur, sejahtera dan bermartabat,” ujar politisi senior Partai Golkar ini.

Menurut Karli, empat pilar kebangsaan tersebut tidak dimaksudkan memiliki kedudukan sederajat, setiap pilar memiliki tingkat, fungsi dan konteks yang berbeda. Empat pilar tersebut merupakan prasyarat minimal bagi bangsa Indonesia untuk berdiri kokoh dan meraih kemajuan berlandaskan karakter kepribadian bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan Makmur.

Berita Lainnya

Pemko Diminta Pakai Lahan Kosong Jadi RTH

Jaga Ketahanan

1 dari 3.923

Sosialisasi menghadirkan nara sumber  H. Puar Junaidi, S.Sos, SH.MH  yang banyak mengupas tentang peranan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehar-hari.

Seperti ideologi Pancasila, sebagai dasar negara juga falsafah hidup bangsa Indonesia, tentunya sangat berperan sebagai pedoman dan kehidupan berbangsa dan bernegara, ujarnya.

Puar Junaidi merupakan tokoh politik senior yang pernah beberapa periode duduk sebagai anggota DPRD Kalsel, antara lain mengatakan bahwa pembinaan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan bertujuan untuk mengingatkan Kembali kepada seluruh  bangsa serta seluruh lapisan masyarakat agar pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegra terus dijalankan, dengan tetap mengacu kepada tujuan negara yang dicita-citakan, serta Bersatu padu mengisi pembangunan agar bangsa Indonesia lebih maju dan sejahtera.

Sementara Camat Anjir Muara, Jaya Hidayatullah, S.Sos menyampaikan rasa bangga da sangat berterimakasih karena wilayahnya mendapatkan kesempatan menjadi lokasi kegiatan anggota DPRD Kalsel. “Apalagi kegiatan sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan ini, tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Jaja juga mengatakan, pihaknya menghadirkan para Kepala Desa se Kecamatan Anjir Muara, para tokoh masyarakat dan pihak terkait lainnya untuk mengikuti kegiatan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan ini.(lia/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya