Kejari Tapin Musnahkan Ratusan Barang Bukti Hasil Kejahatan

Rantau, KP – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tapin memusnahkan ratusan barang bukti hasil kasus tindak pidana yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap atau selesai inkrah. Pemusnahan dilakukan di halaman Kantor Kejari Tapin. Kamis (25/11/2021) pagi.

Pemusnahan barang dilakukan secara bersama-sama oleh Plt Kepala Kejari Tapin Muhammad Fadlan, Perwakilan Pengadilan Negeri Rantau, Kepolisian Tapin dan Dinas Kesehatan Kab Tapin.

Muhammad Fadlan mengatakan, pemusnahan barang bukti merupakan hasil sitaan dari 68 perkara tindak pidana umum sejak Desember 2020 sampai dengan November 2021 di Kejaksaan Negeri Tapin yang sudah memperoleh kekuatan hukum tetap atau ingkrah.

“Barang bukti yang dimusnakan dari 68 perkara tindak pidana undang-undang narkotika, undang-undang kesehatan, kejahtan tindak pidana terhadap nyawa dan harta serta undang-undang darurat,” jelasnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.614

Adapun barang bukti yang dimusnahkan masing-masing berupa narkotika jenis sabu-sabu berat 131,77 gram, obat-obatan jenis dextro sebanyak 1.196 butir dan senjata tajam sebanyak 32 buah senjata tajam serta pakaian bekas dan timbangan digital dan handphone.

Pemusnahan barang bukti dimusnakan cara bakar untuk pakaian bekas dan lainnya, sabu shabu-shabu dan obat dextro dibelender dan untuk senjata tajam dilakukan pemotongan dengan alat pemotong besi, sementara alat timbang dan handphone di hancurkan dengan menggunakan palu.

Untuk diketahui bahwa pemusnahan barang bukti ini kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahun di institusi kejaksaan dan memiliki kekuatan hukum tetap, secara aturan sudah dibolehkan dimusnahkan.

Mudah-mudahan, kata dia, dengan pemusnahan barang bukti bisa mendapat pesan yakni masyarakat mengetahuinya bahwa barang yang sudah putus dimusnahkan oleh institusi kejaksaan.

“Jadi tugas jaksa tidak hanya menuntut di persidangan tetapi juga ada salah satunya melalukan eksekusi terhadap barang bukti dengan dimusnahkan,” pungkasnya. (abd/K-4)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya