Sikapi Curah Hujan Tinggi, BPBD Tala Lakukan Pencegahan Dini

Pelaihari, KP – Kondisi curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir di Kabupaten Tanah Laut (Tala) mengakibatkan debit air pada sebagian aliran sungai mengalami peningkatan. Hal ini membuat Tim Reaksi Cepat (TRC) pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tala melakukan monitoring debit air pada beberapa aliran sungai di sebagian Kecamatan Pelaihari, Senin (29/11/2021).

Fokus monitoring debit air kali ini berpatok pada lokasi aliran sungai yang berdekatan dengan tempat tinggal masyarakat, diantaranya terletak di Jalan Datu Daim dan Jalan Lok Serapang pada Kelurahan Pelaihari serta di Jalan Teluk Baru Kelurahan Karang Taruna.

Koordinator TRC BPBD Kabupaten Tala M. Jain menjelaskan kepada tim Diskominfo Tala bahwa saat ini situasi masih cukup kondusif.

“Debit air masih dalam batas yang aman, namun masyarakat agar tetap selalu waspada,” ujar Jain.

Berita Lainnya
1 dari 584

Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Tala Husairi menyampaikan, bahwa setiap terjadi cuaca ekstrim, BPBD Kabupaten Tala akan melakukan langkah pencegahan.

“TRC BPBD Tala memang sudah sering melakukan monitoring ke lokasi yang rawan terjadi bencana untuk mengantisipasi adanya bencana alam,” jelasnya.

Kegiatan monitoring ini turut mendapat respon positif dari warga sekitar.

“Alhamdulillah, terimakasih kepada BPBD sudah memonitor debit air sungai di sekitar tempat tinggal kami. Kami jadi tidak bingung kalau debit air naik harus melakukan apa dan melapor ke mana,” kata salah satu warga Jalan Teluk Baru.

Jika masyarakat Kabupaten Tala merasa kondisi alam sekitar berpotensi terjadi bencana, bisa langsung melaporkan ke Kantor BPBD Kabupaten Tala atau menghubungi Koordinator TRC BPBD Kabupaten Tala ke nomor 081348657103. (rzl/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya