Pohon Natal Berbahan 5 Ribu Botol Bekas

Banjarmasin, KP – Anda akan menemukan hal yang berbeda saat masuk ke Galaxy Hotel Banjarmasin. Pasalnya, di lobby utama hotel yang lokasinya tepat berseberangan dengan Duta Mall Banjarmasin itu terdapat pohon natal yang unik.

Pohon natal tersebut terbuat dari ribuan botol plastik yang dirangkai dengan sedemikian rupa dengan menggunakan rangka berbahan bambu yang berukuran raksasa.

Pasalnya, tinggi pohon itu sendiri delapan meter. Menyentuh langit-langit lantai satu hotel itu. Sedangkan lebarnya, mencapai empat meter.

Sontak, adanya pemandangan itu menarik mata pengunjung atau tamu hotel yang datang dan tak sedikit pula, pengunjung memanfaatkan kreasi pohon natal itu sebagai latar untuk berfoto.

“Ini salah satu hal yang menarik dan kreatif,” ungkap Ronald, salah seorang tamu hotel saat dibincangi awak media, Jumat (3/12) siang.

Warga asli Kalimantan Tengah itu mengaku, dirinya belum pernah menemui pohon natal seunik itu. Menurutnya, dengan kreasi yang dibuat, secara tidak langsung juga jadi upaya kampanye mengurangi limbah plastik.

“Saya pikir, ini adalah hal yang bisa ditiru oleh kita. Memanfaatkan atau mendaur ulang kembali plastik-plastik bekas, untuk dijadikan dekorasi,” tambahnya.

Sementara itu, Eksekutif Asisten Manajer Galaxy Hotel Banjarmasin, Nanang Erwanto menjelaskan, kreasi pohon natal berbahan botol plastik bekas itu digagas oleh Green Team (Tim Hijau) di hotelnya.

Ia menjelaskan, pohon natal raksasa nan unik tersebut dipersembahkan bagi tamu hotel, dan masyarakat yang merayakan natal.

Nanang menceritakan, pengerjaan pohon natal itu setidaknya memakan waktu tiga hari. Bahan utama yang digunakan, batang bambu, dan 5.000 botol plastik bekas.

Berita Lainnya

Ibnu Sina Hadir di Apeksi Nasional

PKK Laksanakan Rapat Rutin

1 dari 4.236

Batang bambu, digunakan sebagai rangka pohon natal. Setelah rangka dibuat, baru permukaan rangka ditutupi dengan ribuan botol plastik.

“Setelah selesai, tinggal ditambah pernak-pernik natal seperti bola warna-warni, lonceng dan lampu hias,” ungkapnya.

Disinggung dari mana 5.000 botol plastik itu berasal, Nanang mengatakan botol minuman itu dikumpulkan dari kamar-kamar hotel sisa kunjungan, atau event yang digelar di hotel itu.

“Kurang lebih botol-botol itu kami kumpulkan selama empat hingga lima bulan. Dari pada dibuang, lebih baik dimanfaatkan kembali,” ucapnya.

“Dengan adanya kreasi ini, kami juga ingin menyampaikan kepada tamu atau pengunjung hotel, untuk mengurangi pemakaian plastik. Ada pun pohon ini akan kami pajang hingga awal Januari 2022 nanti,” tuntasnya.

Terpisah. Kepala Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Marzuki, menyambut baik kreasi yang dilakukan pihak hotel.

Ia berharap, hal serupa juga bisa ditiru oleh hotel-hotel lainnya, sebagai bentuk sarana edukasi terhadap masyarakat.

“Kalau bisa, itu dilakukan setiap momen-momen penting. Jadi, tidak hanya nataru,” harapnya, Jumat (3/12) sore.

Di sisi lain, Marzuki juga menekankan, lantaran sifat dekorasi yang dilakukan hanyalah sementara, ia berpesan agar pihak hotel mesti memperhatikan seusai peringatan momen tersebut.

Ia mengharapkan, plastik bekas itu bisa digunakan atau dibuat lagi dengan kreasi yang lain.

“Jangan sampai kembali jadi sampah. Jadi secara sederhana, ada upaya yang terstruktur. Sehingga esensi tentang pengurangan atau pemakaian plastik bisa ditekan” tuntasnya. (Zak/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya