Smart Kampung Manis, Solusi Permasalahan Desa

Martapura, KP – Bupati Saidi Mansyur mengatakan, ditengah keterbatasan anggaran, Smart Kampung Manis diharap menjadi solusi berbagai permasalahan desa. Sinergitas dan integrasi program kegiatan lintas SKPD bersama dana desa dan CSR, dapat saling dukung.

”Sehingga layanan dan kemajuan desa/kelurahan dapat fokus dan optimal,” katanya saat membuka Rapat Koordinasi Evaluasi Implementasi Smart Kampung Manis, di Mahligai Sultan Adam Martapura, kemarin.

Dijelaskannya, inovasi Smart Kampung Manis digagas untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, pengembangan desa terintegrasi yang memadukan antara penggunaan teknologi informasi, kegiatan ekonomi kreatif, peningkatan pendidikan, kesehatan dan upaya pengentasan kemiskinan.

”Serta pencegahan dan penanggulangan Covid-19,” tandasnya.

Menurutnya, program ini suatu terobosan baru dalam penyelenggaraan pelayanan masyarakat yang berbasis desa dan kelurahan. Baru ditetapkan lima desa dan satu kelurahan yang jadi percontohan.

Berita Lainnya

Forum RT Ikut Edukasi Warga Soal Sampah

RSUD Ratu Zalecha Siap Jadi RS Pendidikan

1 dari 762

”Kecamatan Mataraman tahun depan berpotensi jadi smart kampung manis,” tandasnya.

Dengan lima desa dan satu kelurahan tersebut, dia yakin ini bisa diandalkan dan tahun depan akan disupport melalui Bappeda dan bisa diikuti dengan baik.

Kepala Bappeda Litbang Galuh Tantri Narindra menambahkan, tujuan rakor ini agar pelayanan masyarakat bisa lebih cepat dengan mensinergikan program kerja perangkat daerah agar dapat dilaksanakan secara efektif, efisien dan tepat sasaran.

“Tiga unsur penting Smart Kampung Manis, meliputi sarana, prasarana dan SDM,” katanya.

Pambakal Desa Simpang Tiga Ikromi mengungkapkan, banyak inovasi di desanya, sehingga salah satu yang dipilih Bupati menjadi Smart Kampung Manis.

“Datasheet terbaik se Kalsel, selain itu Website Desa dan pelayanan lainnya. Alhamdulillah dari semua kriteria, Desa Simpang Tiga sudah memenuhi, seperti fasilitas Laktasi, ruang bermain dan pojok membaca,” ungkapnya. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya