Dinkes Kalsel Gelar Koordinasi Pelayanan

Banjarmasin, KP – Guna meningkatkan promosi kesehatan bagi masyarakat di Kalimantan Selatan, Dinas Kesehatan Provinis Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Koordinasi Pelayanan Promosi Kesehatan Tingkat Provinsi Kalsel tahun 2022 di Hotel Berbintang Banjarmasin.

Kegiatan tersebut dihadiri peserta dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Kalsel dan kegiatan berlangsung dari tanggal 14 sampai dengan 16 Maret 2022.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Sukamto mengatakan keberhasilan pelaksanaan promosi kesehatan sangat ditentukan oleh kualitas perencanaan kegiatan promosi kesehatan itu sendiri.

Sampai saat ini, proses penyusunan perencanaan kegiatan promosi kesehatan baik yang dilakukan di lingkungan Kementrian Kesehatan maupun di daerah belum berjalan secara optimal.

“Untuk itu, permasalahan yang sering dihadapi oleh para perencana adalah sulitnya mensinkronisasikan dan mengkoordinasikan upaya promosi kesehatan yang dilakukan kepada unit lain serta proses penyusunan perencanaan yang membutuhkan waktu cepat,” kata Sukamto, Senin (14/3/2022)

Berita Lainnya
1 dari 1.547
loading...

Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka para perencana diharapkan dapat memahami sasaran prioritas dan kebijakan pembangunan kesehatan yang dikaitkan dengan strategi upaya promosi kesehatan.

“Hal ini penting untuk membantu para perencana dalam menyusun kegiatan promosi kesehatan di unit masing-masing sehingga mempunyai dampak terhadap pencapaian pembangunan kesehatan di Indonesia khususnya di Kalsel,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kalsel, Abdul Basit menambahkan promosi kesehatan memiliki tujuan memberikan informasi bagi masyarakat terkait segala hal yang bertujuan pada peningkatan kualitas kesehatan baik itu kesehatan individu maupun masyarakat.

Oleh sebab itu, kegiatan promosi yang berlangsung di tingkat masyarakat dapat menjadi sebuah media efektif untuk mengumpulkan data dan informasi penunjang untuk merancang perencanaan dan pelaksanaan berbagai macam program promosi kesehatan selanjutnya.

“Jadi promosi kesehatan di tingkat masyarakat dapat menjadi corong informasi dan program perencanaan kegiatan dalam menunjang kesehatan di Kalsel,” pungkasnya.(mckalsel/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya