Iklan
Iklan
Iklan
Martapura

Pemkab Banjar Gencarkan Sosialisasi PMK Ternak

×

Pemkab Banjar Gencarkan Sosialisasi PMK Ternak

Sebarkan artikel ini
GENCARKAN PEMERIKSAAN - Maraknya penularan PMK pada hewan ternak di Jawa Timur, membuat Pemkab Banjar menggencarkan pemeriksaan kesehatan hewan. (KP/Wawan)

Martapura, KP – Maraknya penularan Penyakit Mulut Kuku (PMK) pada hewan ternak di Jawa Timur, membuat Pemkab Banjar menggencarkan pemeriksaan kesehatan hewan.

Petugas Dinas Pertanian Banjar pun bergerak memeriksa hewan ternak di beberapa wilayah, diantaranya di Desa Mandiangin, Kecamatan Karang Intan.

Android

Selain melakukan pemeriksaan, petugas juga memberikan sosialisasi pada peternak tentang PMK dan ciri-ciri hewan terinfeksi penyakit tersebut. Data sementara Dinas Pertanian, tidak terdapat hewan yang terinfeksi PMK di Kabupaten Banjar.

Pemerintah sendiri akan membatasi hewan ternak dari luar pulau untuk dijadikan hewan kurban di Idul Adha nanti, bahkan tidak menutup kemungkinan dilarang masuk jika penyebaran PMK meningkat.

Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Distan drh Lulu Vilavardi mengatakan, dibantu Balai Veteriner dan Dinas Peternakan Kalsel, dari beberapa titik itu, di RPH hasil pemeriksaan sementara negatif.

“Tidak ada indikasi penyakit PMK seperti yang dikhawatirkan saat ini, mudah-mudahan kedepan dapat terus seperti itu,” ujar Lulu. (Wan/K-3)

Iklan
Iklan