Sebaran Bulir Mayang Kelapa Tandai UMKM Bangkit

Banjarmasin, KP – Bulir mayang kelapa yang menyebar pada prosesi “Tepuk Mayang”, tandai dimulainya Puncak Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Siring 0 Km Banjarmasin, Jumat (22/7) siang.

Prosesi “Tepuk Mayang” ini dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan pada Puncak Kampanye Gernas BBI yang dilaksanakan di Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Didampingi Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor dan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Luhut terlihat antusias dalam melaksanakan prosesi “Tepuk Mayang” ini.

Dalam prosesi ini, mayang kelapa atau tandan bunga kelapa yang masih muda ditepuk hingga terbuka pelepahnya.

loading...

Yang kemudian dikeluarkan dan kemudian digoyang-goyangkan agar bulir-bulirnya tersebar.

Begitu mayang dikeluarkan, baik Menko Luhut, Mendagri Tito, Kepala LKPP Azwar Anas hingga Paman Birin tampak antusias. Bahkan, saking antusiasnya, Tito pun sempat mencium mayang kelapa tersebut.

Prosesi yang beda dari biasanya itu pun diakhiri dengan mengangkat semua mayang untuk diabadikan dan di foto.

Adapun makna dari prosesi “Tepuk Mayang” dalam kegiatan ini adalah, mayang kelapa dianggap menggambarkan UMKM yang diharapkan bangkit melalui Gernas BBI dan dapat menyebar layaknya bulir mayang dalam prosesi “Tepuk Mayang”.

Turut mendampingi dalam pelaksanaan prosesi yang menandai dimulainya Puncak Kampanye Gernas BBI ini, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Artati Widiati, Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Konsumen Bank Indonesia, Yunita Resmi Sari serta Kepala LKPP, Azwar Anas dan Perwakilan Pertamina, Freddy Anwar. (KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya