Festival Seni dan Qasidah 2022 Menuju Masyarakat Kalteng Religius & Moderat

Palangka Raya, KP – Mewakili Gubernur Kalimantan Tengah, Sekretaris Daerah, H. Nuryakin secara resmi membuka Festival Seni dan Qasidah IX Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2022, di Palangka Raya, Rabu (26/10) malam.

Tema yang diambil pada Festival Seni dan Qasidah Tahun 2022 tersebut yakni ‘Kita Jadikan Festival Seni Qasidah Sebagai Media Syiar Islam Menuju Masyarakat Kalteng Yang Religius dan Moderat’.

Pria yang akrab disapa Nuryakin itu mengemukakan, digelarnya Festival Seni dan Qasidah Tahun 2022 oleh Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Lembaga Seni Qasidah (LASQI) Provinsi Kalteng tersebut diharapkan akan meningkatkan pemahaman umat Islam terhadap ajaran-ajaran Islam

“Juga untuk menjadi momentum strategis untuk membangun semangat ukhuwah islamiyah diantara sesama umat muslim, serta dapat meningkatkan ekspektasi masyarakat terhadap seni dan budaya di Kalteng,” ujarnya.

Nuryakin menyampaikan terima kasih kepada seluruh Ketua DPD Lasqi Kabupaten/Kota se-Kalteng yang telah mengirimkan kafilahnya dalam Festival Seni Qasidah IX Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2022.

Ia menyebutkan, melalui Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI), kesenian tersebut harus terus dikembangkan, dipacu, dan ditingkatkan kualitasnya, karena memiliki misi yang cukup jelas, yaitu seni sebagai media dakwah, lewat karya seni budaya dalam membangun etika dan moral bangsa, serta membangun umat melalui nilai-nilai seni budaya Islam.

Pihaknya percaya dengan kemampuan yang telah dimiliki LASQI Provinsi Kalteng dan Kabupaten/Kota se-Kalteng akan mampu mengakomodir, memotivasi, dan mengembangkan potensi sumber daya seniman-seniman islami yang religius dan berkualitas.

Nuyakin juga berpesan kepada para peserta lomba, untuk menjunjung tinggi sportivitas, dan juga jadikan event tersebut sebagai ajang memperluas silaturahmi. 

Berita Lainnya
1 dari 1.636
loading...

“Kepada para juri, saya minta agar dapat melaksanakan tugas dan kepercayaan yang diemban secara jujur, amanah dan bertanggung jawab, sehingga festival ini mampu melahirkan para juara yang berkualitas,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPW LASQI Kalteng Hj. Rayuhani melaporkan Festival Seni dan Qasidah merupakan program kerja tahunan yang wajib dilaksanakan, karena ini jadi program utama sekaligus salah satu barometer kesuksesan.

Kepengurusan LASQI ujarnya, bisa mewujudkan visi dalam menjaga, merawat dan mengembangkan seni musik Islam yang menjadi ciri khas bangsa kita yaitu Qasidah serta seni budaya Islami. Sehingga umat khususnya generasi muda Islam akan termotivasi untuk mencintai dan turut melestarikan.

“Dua poin besar yang menjadi maksud dan tujuan dilaksanakannya festival ini yaitu meningkatkan peminat seni qasidah sekaligus memberikan motivasi kepada masyarakat khususnya kalangan remaja untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan syiar yang Islami dan mempererat tali silaturahmi sekaligus untuk mengembangkan keimanan, ketaqwaan kepada Allah SWT guna mendukung upaya mewujudkan masyarakat Kalteng yang berAKHLAK dan penuh keBERKAHan,” paparnya.

Ia melanjutkan, Festival Seni dan Qasidah IX Tingkat Kalteng dimulai dari tanggal 26 hingga 29 Oktober 2022 dengan Pemilihan Bintang Vokalis Qasidah  Gambus dan Pop Religi. Peserta berasal dari 14 Kabupaten/Kota se-Kalteng dengan total kafilah 202 orang terdiri dari 132 peserta dan 70 orang pendamping dan official. Sedangkan cabang yang diperlombakan diantaranya, Bintang Vokalis Gambus Anak Putra sebanyak 13 peserta.

Adapun, untuk lomba Bintang Vokalis Gambus Anak Putri sebanyak 14 peserta, Bintang Vokalis Gambus Remaja Putra sebanyak 14 peserta, Bintang Vokalis Gambus Remaja Putri sebanyak 14 peserta, Bintang Vokalis Gambus Dewasa Putra sebanyak 13 peserta, Bintang Vokalis Gambus Dewasa Putri sebanyak 13 peserta, Pop Religi Anak-anak Putra sebanyak 12 peserta, Pop Religi Anak-anak Putri sebanyak 12 peserta, Pop Religi Anak-anak Putri sebanyak 13 peserta, Pop Religi Anak-anak Putri sebanyak 14 peserta.

Sebelumnya pembukaan diawali dengan penabuhan rebana dan dilanjutkan Pelantikan Dewan Juri Seni Qasidah oleh Ketua Umum DPW LASQI, dan ditutup dengan Penyerahan Piala Juara Umum dari Sekda Kalteng kepada Ketua Umum DPW LASQI untuk diperebutkan.

Kegiatan dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Kalteng Noor Fahmi, Ketua DWP Kalteng Anita Nuryakin, Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal terkait, Ketua Harian DPW LASQI Endang Susilawatie dan DPD LASQI Kabupaten/Kota se-Kalteng. (Drt/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya