Paman Birin Ucapkan Selamat Datang kepada Peserta MTQ Nasional ke-29 di Kalsel Babussalam

Banjarmasin, KP – Ahlan wa sahlan, selamat datang di Kalimantan Selatan Babussalam. Ucapan itu disampaikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyambut kedatangan para kafilah dari seluruh provinsi di Indonesia yang akan mengikuti MTQ Nasional ke-29.

Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Sahbirin Noor, mengaku senang bisa menerima dan menyambut ribuan tamu yang menjadi peserta kafilah MTQ. Sejak dua hari lalu sebagian besar peserta telah berdatangan ke Kalsel.

“Ada rasa senang dan bahagia Kalsel bisa menjadi tuan rumah MTQ nasional. Selamat datang di Kalsel Babussalam. Semoga Banua kita bisa menjadi pintu selamat bagi semua tamu yang datang di Provinsi Kalsel, pintu gerbang ibu kota Negara baru,” kata Paman Birin.


Menurutnya, Kalsel Babussalam memiliki makna filosofis sekaligus nilai budaya yang melekat sejak masa dulu. Urang Banjar, ujar Paman Birin, memiliki tradisi yang kuat dalam menjaga dan mempertahankan nilia-nilai religius dalam kehidupan.

Tradisi dan kebiasaan itu masih bertahan dan menjadi kepercayaan bahwa Tanah Banjar bisa membawa keselamatan dan keberkahan.


“Itulah mengapa ada ulama besar kita pernah menyebut Kalsel dengan ungkapan kalian selamat. Tentu apa yang disampaikan tuan guru dan ulama kita itu bukan sekadar ungkapan tanpa makna. Kalsel yang dimaknai dengan arti kalian selamat, sebenarnya adalah harapan dan doa dari tetuha dan tuan guru kita agar semua warga Banua bisa selamat. Tak hanya di dunia, tapi juga kehidupan akhirat,” kata Paman Birin.


Karena itu, Paman Birin berharap pelaksanaan MTQ tidak hanya sekadar seremoni yang menjadi kegiatan rutin tahunan saja. Tapi harus bisa memberi kesan mendalam untuk membumikan dan melestarikan tradisi membaca Alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berita Lainnya
1 dari 12
loading...

“Semoga MTQ menjadi pengingat dan penggugah hati kita untuk menjaga tradisi dan nilai religius budaya Banjar. Karena dari bahari dulu, orang tua dan guru-guru mengaji kita mengajarkan bahwa hidup itu mencari selamat, di dunia dan akhirat. Ajaran dan petuah itu, hingga kini masih menjadi pedoman hidup bagi Urang Banjar,” ujar Paman Birin yang sering melakukan safari tadarus Alquran setiap bulan Ramadan ini.


Kalsel Babussalam sejalan dengan Visi Kalimantan Selatan 2021-2026, yaitu Kalsel Maju sebagai Gerbang Ibu Kota Negara. Maju yang merupakan singkatan dari makmur, sejahtera dan berkelanjutan, juga memiliki makna terus bergerak ke depan.

“Dengan semangat Kalsel Babussalam Maju, mari kita tanamkan semangat untuk menjadikan Banua kita sebagai pintu keselamatan,” harapnya.


Sementara Kadis Kominfo Kalsel, Muhammad Muslim, menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan MTQ telah dimulai. Sebagai tuan rumah, Pemprov Kalsel juga telah menyiapkan rangkaian agenda pelaksanaan MTQ.

“Pada Selasa malam dilakukan malam ta’aruf di Siring 0 Km Banjarmasin. Pada hari Selasa paginya dilakukan Pawai Ta’aruf, dimulai dan finish di Masjid Al Karomah Martapura. Pada Rabu malamnya dilakukan pembukaan MTQ oleh Bapak Presiden,” jelas Muslim.


Muslim mengajak seluruh masyarakat Kalsel untuk ikut memeriahkan rangkaian kegiatan MTQ yang dipusatkan di Martapura dan Kiram Park. Pemprov Kalsel juga menggelar pameran MTQ dan halal food selama kegiatan MTQ berlangsung.

“Mari kita meriahkan dan sukseskan rangkaian kegiatan MTQ nasional. Semoga Kalsel bisa menjadi tuan rumah yang baik untuk para kafilah yang datang dari seluruh provinsi di Indonesia,” harap Muslim. (Tim/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya