Iklan
Iklan
Iklan
Martapura

Minim Pengawas, Perlu Partisipasi Masyarakat

×

Minim Pengawas, Perlu Partisipasi Masyarakat

Sebarkan artikel ini
SOSIALISASI - Bawaslu Banjar gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, belum lama ini. (KP/wawan)

Martapura, KP – Bawaslu Banjar menggelar sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif 2024 yang melibatkan semua unsur masyarakat.

“Jumlah pengawas yang ada, tidak berbanding dengan yang diawasi dan wilayah pengawasan satuan menjadi alasan digelarnya sosialisasi ini,” kata Kordiv SDM Organisasi Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Kalsel Akhmad Muchlis saat membuka Sosialisasi Pemilu, pekan kemarin.

Android

Akhmad Muchlis mengatakan, sosialisasi bertujuan memberikan pengetahuan tentang kepemiluan, paling tidak minimal masyarakat tahu akan larangan-larangan yang ada dan dapat memberitahukannya kepada orang lain.

“Apalagi kalau bisa menjadi influencer untuk menyampaikan kepada orang lain,” ucapnya, di hadapan sekitar 90 peserta sosialisasi.

Hal sama juga diutarakan Ketua Bawaslu Banjar, Fajeri Tamzidillah, minimnya jumlah anggota pengawas menjadi penyebab perlunya partisipasi elemen masyarakat untuk ikut serta melakukan pengawasan.

“Pengawas pemilu di tingkat kecamatan hanya tiga orang, tingkat desa satu orang dan di TPS satu orang,” ujarnya.

Untuk itulah partisipasi masyarakat diperlukan untuk mengurangi kecurangan-kecurangan, sehingga hasil pemilu lebih baik dan berkualitas.

Fajeri berharap sosialisasi bisa memberikan pengetahuan lebih kepada peserta, sehingga bisa mengawasi bersama setiap tahapan Pemilu.

Sosialisasi mengusung tema Kelembagaan pengawas pemilu dan peran strategis masyarakat dalam pengawasan Pemilu 2024 ini, juga memberikan kesempatan tanya jawab, masukan serta saran peserta. (wan/K-7)

Iklan
Iklan