Pemkab Balangan Tanam Pohon Peringati HMPI dan BMN

Paringin, KP – Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN),tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Balangan menanam sebanyak 100 pohon secara simbolis yang dipusatkan di Kebun Raya Balangan, Paringin, Senin (28/11/2022) kemarin.

Acara yang mengusung tema “Hutan kita Sultan” diselenggarakan oleh Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup itu dipimpin langsung oleh Sekdakab Balangan H Sutikno dan dihadiri sejumlah Kepala OPD Lingkup Pemkab setempat dan perwakilan dari perusahaan tambang serta tamu undangan lainnya.

Sutikno mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon tersebut sebagai bentuk kecintaan terhadap lingkungan dan upaya untuk melestarikan alam.

Menurutnya, menanam pohon merupakan salah satu upaya nyata untuk menyelamatkan keberlanjutan manusia pada generasi selanjutnya.

“Alam ini adalah titipan bagi kita untuk anak cucu kita sehingga harus kita jaga dan lestarikan,” Ujarnya.

Mantan Sekwan Balangan ini juga menuturkan, menanam pohon diketahui memiliki banyak manfaat positif bagi bumi dan makhluk hidup di sekitarnya, termasuk manusia. Dalam jangka waktu yang panjang, tanaman memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti menyerap emisi karbon penyebab pemanasan global, memproduksi oksigen dan menyerap karbon dioksida, menyimpan air hujan sumber kehidupan makhluk hidup, mencegah erosi, habitat bagi flora dan fauna endemik, sehingga ekosistem tetap terjaga.

Berita Lainnya
1 dari 852
loading...

Oleh karenanya dalam momentum Hari Menanam Pohon Indonesia ini selayaknya kita menyadari akan peran dan fungsi pohon yang urgent bagi kehidupan manusia. Konsep “One Man One Tree” bisa kita galakan dalam berbagai aktivitas dan kegiatan kita. Dimulai dari hal-hal kecil seperti memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam pohon, melakukan aktivitas sosial dengan berbagi bibit pohon, baik berupa edukasi, reboisasi, maupun rehabilitasi.

“Dengan adanya kegiatan menanam pohon ini, kami berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi masyarakat sekitar,” ucapnya.

Sementara itu, Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup (LH) mengungkapkan, dalam memperingati HMPI dan BMN dimaksudkan sebagai sarana edukasi, peningkatan kepedulian, kemampuan dan kemandirian seluruh komponen akan pentingnya menanam dan memelihara pohon.

Ia juga menjelaskan, aksi menanam pohon salah satu tujuannya yaitu untuk mencegah terjadinya banjir dan longsor pada musim hujan serta bencana kekeringan dan kebakaran di musim kemarau”,

“Penanaman pohon merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam mencegah terjadinya banjir dan longsor pada musim hujan,” imbuhnya.

Untuk itu ia menghimbau agar masyarakat gemar menanam pohon serta menjaga kelestariannya dengan tidak melakukan penebangan liar demi kelangsungan hutan yang ada. Mengingat wilayah Kalimantan merupakan paru paru dunia dengan kekayaan hutan yang ada di dalamnya. (srd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya