Perkuat Kesiapsiagaan Bencana
BPBD Balangan Pasang Alat Pendeteksi Banjir di Dua Lokasi

Paringin, KP – Pemerintah Kabupaten Balangan melalui BPBD setempat benar-benar serius dalam menghadapi bencana di musim hujan, terutama banjir.

Selain sebelumnya sudah dilaksanakan koordinasi antar stakeholder terkait, kemudian juga menggelar apel siaga, saat ini pemerintah juga telah memasang alat pendeteksi banjir di beberapa titik.

Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi melalui, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Rahmadi, Rabu (30/11/2022) membenarkan bahwa pemerintah telah memasang alat tersebut.

“Iya, ini bantuan dari provinsi, nama alatnya Early Warning System (EWS), ada dua lokasi yang dipasang alat tersebut,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 845
loading...

Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa alat tersebut berguna untuk mendeteksi banjir jika terjadi, selain mendeteksi banjir, EWS juga dilengkapi dengan CCTV yang terhubung langsung ke jaringan komputer.

“Alat deteksi ketinggian air ini nantinya akan mengirim alarm melalui perangkat yang tersedia, dan anggota bisa langsung melihat ketinggian air dari pantauan CCTV,” ungkapnya.

Adapun dua lokasi yang dipasangi alat tersebut adalah di Bendungan Pitap Kecamatan Awayan dan Jembatan Tabuan Kecamatan Halong.

“Adanya alat ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan anggota untuk memantau serta melakukan langkah penanganan cepat jika banjir terjadi,” harapnya. (rel/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya