Rakor TP PKK Kalsel, Paman Birin: Gerakan PKK Kita Perkuat dan Optimalkan Bersama

Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor atau Paman Birin ajak perkuat dan optimalkan gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK)

Hal ini disampaikannya secara tertulis melalui sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Sulkan, pada Pembukaan Rakor TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan yang bertempat di Mahligai Pancasila pada Jumat (2/12).

Menurut Paman Birin, Tim Pengerak (TP) PKK adalah ujung tombak yang mendukung pelaksanaan pembangunan, terutama terkait pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Oleh karena itu sudah seharusnya gerakan PKK diperkuat dan dioptimalkan bersama.

“Sudah semestinya gerakan PKK kita perkuat dan optimalkan bersama. Kita perkuat dari sisi SDM, kelembagaan, serta dengan fasilitas dan sarana yang mendukung terlaksananya 10 program pokok PKK,” ujar Paman Birin.

Lebih lanjut menurut Paman Birin, sebagai organisasi yang berbasis masyarakat, TP PKK memiliki kemampuan bergerak lebih cepat di masyarakat karena jaringan PKK dapat mencapai ke lapisan masyarakat paling bawah.

Paman Birin juga menyebutkan sejumlah program pembangunan yang terbukti nyata terbantu dengan adanya gerakan PKK.

Berita Lainnya
1 dari 1,846
loading...

“Gerakan PKK hadir dan menunjukkan peran penting dalam penurunan angka stunting, menggalakan program KB, menurunkan angka kematian bayi dan ibu melahirkan. Tanpa kecuali perannya dalam memberdayakan masyarakat,” ujarnya.

Karena itu melalui rakor ini, dirinya berharap kemampuan TP PKK beserta kader akan bertambah kuat dan dapat meningkatkan kemampuan dalam mendorong pemberdayaan keluarga dan masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan adanya rakor ini, kemampuan TP PKK dan kader akan bertambah kuat, terbentuk konsolidasi, sinergi dan peningkatan kemampuan dalam mendorong pemberdayaan keluarga dan masyarakat,” harap Paman Birin.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah Sahbirin yang pada kesempatan ini diwakili Ketua II Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga, Ermina, melalui sambutannya menyampaikan harapan agar program kerja TP PKK di tahun 2023 dapat lebih memperhatikan isu terkini yang sedang berkembang.

“Gerakan PKK harus melebarkan sayap dan terbang mengenal berbagai perkembangan terkini di daerah maupun secara nasional dan global. Buatlah program-program turunan 10 program pokok PKK yang bisa memberikan manfaat langsung dan nyata bagi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.” pesannya.

Ketua Panitia Rakor TP PKK yang juga Sekretaris TP PKK Provinsi Kalsel, Zainab, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti sebanyak 101 orang peserta yang berasal dari TP PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalsel.

Rakor kali ini juga menghadirkan sejumlah narasumber dari pusat dan daerah, yakni TP PKK Pusat, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Subdit Fasilitasi PKK, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kalsel, Kepala BAPPEDA Kalsel serta Pengurus TP PKK Kalsel.

“Sejumlah materi yang akan disampaikan pada rakor kali ini adalah, tugas dan fungsi PKK serta pengorganisasiannya, integrasi perencanan program PKK dalam perencanaan pembangunan desa, peran pemerintah desa dalam memberdayakan PKK sebagai LKD, pemetaan gerakan PKK berdaasarkan Perpres No. 99 tahun 2017, dan Permendagri No. 36 tahun 2020, rencana dan proker tahun 2023, dan penyampaian hasil rakornas TP PKK tahun 2022,” ujarnya. (adpim/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya