Ribuan Warga Banjarbaru Dapatkan Layanan Home Care

Banjarbaru,KP- Program pada bidang kesehatan masyarakat oleh pemerintah kota Banjarbaru rupanya sudah di nikmati oleh ribuan masyarakat. Layanan kesehatan tersebut menyasar warga yang sudah lanjut usia dan disabilitas.

Dari data Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru per Oktober 2022, menunjukkan sebanyak 1.029 orang yang telah menerima layanan Home Care, hal tersebut berdasarkan akumulasi dari 10 puskesmas yang tersebar pada tiap-tiap Kelurahan di Kota Banjarbaru.

Mayoritas warga yang mendapat layanan didominasi oleh kalangan lanjut usia diatas umur 75 tahun, usia 60-64 tahun dan 65-69 tahun dengan kebanyakan keluhannya penyakit hipertensi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, dr. Juhai Triyanti Agustina menjelaskan, layanan Home Care tahun 2022 pihaknya telah menyiapkan kuota 1.800 kunjungan layanan kesehatan sesuai kesanggupan dan permintaan dari masyarakat.

Berita Lainnya
1 dari 1,145
loading...

“Jadi 1.800 kunjungan ini adalah kemampuan kita melaksanakan Home Care tahun ini. Bukan target yang harus dicapai. Tapi lebih kepada kemampuan kita memberikan layanan kesehatan ke rumah-rumah masyarakat ,” katanya.

Kedepanya program tersebut akan terus di evaluasi guna menyempurnakan Program Home Care kedepan, salah satunya akan menghadirkan fasilitas mobil untuk mobilitas tenaga kesehatan yang berperan saat dilapangan.

“Untuk ketersedian obat-obatan sudah mencukupi. Kemudian untuk SDM di lapangan juga kami rasa sudah memenuhi. Ya mungkin tinggal menambah mobil Home Care untuk menunjang mobilitas di lapangan,” ucapnya.

Wali Kota Banjarbaru, H. M. Aditya Mufti Ariffin mengatakan, program Home Care menjadi kunci dalam upaya peningkatan layanan kesehatan ditengah-tengah kondisi masyarakat yang mengalami keterbatasan. Dengan memberikan layanan yang mudah, cepat dan masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Sistem layanan Home Care ini dikerjakan secara profesional dengan melibatkan teman-teman nakes yang memang sudah ahli di bidangnya. Kuncinya kita ingin memudahkan akses masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan di Banjarbaru,” jelasnya. (Dev/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya