Wapres Hadir, Pengamanan Lokasi Haul Diperketat

Martapura, KP – Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin, dipastikan menghadiri haul akbar ke 18 Abah Guru Sekumpul di Kampung Keramat, Martapura Timur. Lokasi haul yang dilaksanakan Kamis (26/1) malam ini diperketat.


Pasukan pengaman presiden (Paspampres) sudah di lokasi haul. Pun dengan Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI, Tri Budi Utomo, sudah memantau lokasi haul, Rabu (25/1).


“Kami melakukan pengamanan karena kedatangan bapak RI 2 (Wapres),” ujar Tri, saat diwawancara di lokasi haul.


Dari hasil pemantauan, Tri menyebut persiapan penyelenggaraan haul yang diinisiasi oleh murid Guru Sekumpul ini terbilang sudah sangat bagus.


“Kalau hasil pemantauan kita Insyaallah semua bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.


Panglima yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) ini menyebut jumlah pasukan yang diturunkan untuk kelancaran haul akbar ini sebanyak 4.500 orang personil gabungan.

Berita Lainnya
1 dari 2


“Nanti kan masyarakat yang hadir di sini kurang lebih mungkin hampir 2.000 orang, jadi kita maksimalkan pengamanannya,” tuturnya.


Menurutnya, dalam pengamanan tersebut melibatkan seluruh fungsi. Yang dlibatkan gabungan imulai dari pengamanan di bandara. Kemudian pengManan di hotel atau tempat menginp. Selanjutnya rute perjalanan dari tempat menginap menuju lokasi haul.


“Di sini (lokasi haul) pun ada tempat pengamanan tersendiri. Jadi, ada beberapa tim pengamanan yang sudah kita siapkan,” bebernya.


Tak cukup sampai di situ, pihaknya juga menyediakan 1 buah kendaraan taktis (rantis) untuk meningkatkan keamanan tamu VVIP.


“Ini memang standar operasional jika Presiden atau Wakilnya mengunjungi suatu wilayah,” ungkapnya.


Lantas bagaimana dengan kondisi kesehatan wapres? Tri menyatakan sampai saat ini kondisinya dalam keadaan sehat, namun memang ada cara-cara yang harus disiapkan menyambut kedatangan wapres.


Seperti diadakannya ICU mini dan spesialis jantung di rumah sakit dan di lokasi haul. “Termasuk toilet portable di area lokasi,” imbuhnya.(mns/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya