Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Banjarmasin

Kalsel Kehilangan Sosok Gigih Kawal Pemilu

×

Kalsel Kehilangan Sosok Gigih Kawal Pemilu

Sebarkan artikel ini
Foto : Nur Zazin, Muhammad Radini dan Bang Dhin.

Banjarmasin, KP – Kalsel kehilangan sosok gigih mengawal pelaksanaan Pemilu, dengan meninggalnya Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel, Sarmuji sekitar pukul 10.30 wita, Sabtu (11/2/2023).


Komisioner KPU Kalsel dua periode ini sempat dirawat di RSUD Ratu Zalecha Martapura, karena mengidap penyakit gula darah tinggi dan memiliki luka terkena paku.


“Kita kehilangan beliau, sosok pimpinan yang gigih mengawal Pemilu di Kalsel,” kata komisioner KPU Kalsel, Nur Zazin, yang dihubungi KP melalui whatsapp, Sabtu.


Nur Zazin mengakui, banyak kebijakan yang diambil dalam penyelenggaraan Pemilu di Kalsel, agar berjalan aman dan lancar, termasuk menjaga suasana kondusif.


“Ini yang selalu diupayakan beliau, untuk mengawal pelaksanaan Pemilu,” tambah Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kalsel.


Sementara itu, anggota Bawaslu Kalsel, Muhammad Radini mengaku kehilangan sosok guru, sejak beliau menjadi dosen dan mengajar mata kuliah kewarganegaraan di IAIN Antasari.


“Beliau adalah sosok yang konsisten, yang mulai dari dosen kemudian masuk dalam dunia penyelenggaraan Pemilu, merintis dari KPU Kabupaten Tapin hingga Ketua KPU Kalsel,” tambah Radini, yang pernah menjadi mahasiswa Sarmuji di IAIN Antasari.


Kiprah dalam dunia pendidikan dan penyelenggara Pemilu adalah wujud nyata yang harus diteladani bagi generasi selanjutnya.

“Bagaimana memiliki sikap hidup konsisten dalam berjuang, dimanapun berada dan apapun profesinya,” ungkap Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kalsel.


Sedangkan Wakil Ketua DPRD Kalsel, Muhammad Syaripuddin yang mengenal baik almarhum Ketua KPU Kalsel Sarmuji sebagai penyelenggara Pemilu di Kalsel.


“Beliau adalah sosok yang berdedikasi, sehingga turut berdukacita dan merasa kehilangan,” kata Bang Dhin, panggilan akrab M Syaripuddin.


Bang Dhin mengungkapkan, mungkin dedikasi almarhum dapat menjadi contoh bagi komisioner KPU lainnya dalam mengemban tugas atau amanah sebagai penyelenggara Pemilu.

Baca Juga:  Batal Undur Libur Semester


“Atas nama pribadi dan keluarga besar Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan mengucapkan turut belasungkawa atas meninggalkanya Sarmuji, semoga almarhum mendapatkan rahmat dan senantiasa berada di sisi Allah SWT,” tambah Sekretaris PDI Perjuangan Kalsel. (lyn/KPO-1)

Iklan
Iklan