Iklan
Iklan
Iklan
Tanah Laut

Sukamta: Reklamasi Galian Tambang Potensial Lahan Peternakan

×

Sukamta: Reklamasi Galian Tambang Potensial Lahan Peternakan

Sebarkan artikel ini
BUPATI TALA - HM Sukamta meninjau langsung lokasi eks galian tambang yang telah direklamasi. (KP/Ist)

Pelaihari, KP – Lokasi eks galian tambang PT Arutmin site Satui yang telah 10 tahun direklamasi menyimpan potensi luar biasa dan harus secara cepat dikelola oleh pemerintah daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta, seusai meninjau langsung lokasi eks galian tambang yang telah direklamasi, Sabtu (18/3/2023).

Android

“Lahan reklamasi ini sangat potensial dan luar biasa sehingga harus secepatnya kita kelola terutama untuk lahan peternakan dan pariwisata,” ucap Sukamta.

Ia melanjutkan, bahwa sesuai dengan peraturan perundang-undangan apabila galian tambang telah selesai direklamasi harus segera dikembalikan kepada negara, oleh karena itu Tala yang juga merupakan bagian dari negara akan segera meminta kembali lahan dari PT Arutmin untuk secepatnya dikembalikan kepada pemerintah daerah. Dengan luas lahan mencapai 700 hektar menjadikan pakan ternak sangat melimpah, lokasi yang juga dinilai aman membuat ternak cepat beradaptasi dan tidak mudah stres dengan keadaan lingkungan karena banyaknya pohon sebagai tempat berteduh.

“Sebelum masa jabatan saya habis pada bulan September nanti insyallah rencana ini telah dijalankan, utamanya untuk lahan peternakan dan pariwisata dan yang lainnya akan secara bertahap dijalankan,” terang bupati.

Sukamta juga menjelaskan bahwa kedepannya ternak akan menggunakan sistem cluster, pemerintah daerah menginginkan keterlibatan masyarakat Tala terutama Kecamatan Kintap sehingga eks galian tambang secara ekonomi masyarakat masih bisa menikmati manfaat yang lebih besar dengan berpartisipasi dalam pengembangan peternakan dan pariwisata. Saat ini, Tala sedang bergerak cepat dalam membangun daerah dan tidak mungkin hanya pemerintah yang bergerak sendiri oleh karena itu partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk kemajuan Bumi Tuntung Pandang.

“Pemerintah daerah ingin eks galian tambang mempunyai manfaat besar untuk masyarakat sehingga langkah dipilih karena berpotensi besar secara ekonomi terutama untuk masyarakat Kintap, pemerintah daerah tidak mungkin hanya bergerak sendiri karena itu partisipasi masyarakat sangat diperlukan untuk keberhasilan rencana,” pungkasnya.

Baca Juga:  Rekrutmen Perusahaan Utamakan SDM Lokal

Turut berhadir Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Hairul Rijal, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Andris Evony, para Kepala SKPD Lingkup Sekretariat daerah Kabupaten Tala dan Mine Manager dan Kepala Teknik Tambang PT Arutmin Indonesia Tambang Satui, Cipto Prayitno. (rzk/K-6)

Iklan
Iklan