Iklan
Iklan
Iklan
BalanganBANUA KITA

DPRD Balangan Ingatkan Perketat Pengawasan Hewan Kurban

×

DPRD Balangan Ingatkan Perketat Pengawasan Hewan Kurban

Sebarkan artikel ini

Paringin, KP – DPRD kabupaten Balangan meminta Pemerintah daerah kabupaten Balangan dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan ((DKP3) setempat memastikan lalu lintas hewan kurban yang masuk ke Balangan jelang Idul Adha 1444 H tahun 2023.

Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan meminta Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) untuk memperketat pengawasan terhadap lalu lintas hewan ternak (kurban, red) yang masuk ke Balangan  jelang Hari Raya Kurban 2023.

Android

Hal ini untuk menghindari penyebaran panyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak sapi.

“Iya lalu lintas hewan ternak khususnya sapi harus diawasi. Jangan sampai nanti masyarakat mengonsumsi hewan yang terjangkit penyakit ini,” ujar Fauzan sapaan akrab Ketua DPRD kepada wartawan, baru-baru tadi.

Menurutnya, hewan ternak yang masuk ke Balangan harus disertai surat keterangan

sehat. Selain itu, hewan tersebut juga harus dikarantina terlebih dahulu.

“Surat keterangan sehat harus ada. Kemudian perlu juga dilakukan karantina, sebagai antisipasi penyebaran penyakit PMK ini,” jelasnya.

Dia menjelaskan, memang DKP3 Balangan telah melakukan vaksinasi hewan ternak di Balangan  Vaksinasi ini dilakukan kepada sapi yang belum terjangkit penyakit PMK.

“Bantuan vaksin dari Provinsi Kalsel untuk Balangan sudah ada. Ini kawan-kawan dari dinas pertanian sedang melakukan vaksinasi,” jelasnya.

Ia juga mendorong DKP3 Balangan untuk melakukan deteksi dini untuk meminimalisasi penyak’it PMK ini. Sebab, penyakit tersebut menular.

“Kita inginkan di Balangan, nanti, tidak ada hewan kurban yang terkena PMK. Tentu antisipasinya dari sekarang,” imbuhnya. (srd/K-6)

Iklan
Iklan