Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Banjarmasin

Sushi Jepang Selera Banjar Ada di Restautan Ini, Ibnu Sina Pun Memuji Chefnya Memadukan Kearifan Lokal

×

Sushi Jepang Selera Banjar Ada di Restautan Ini, Ibnu Sina Pun Memuji Chefnya Memadukan Kearifan Lokal

Sebarkan artikel ini
Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina bersama Wakil Walikota serta undangannya lainnya menikmati menu masakan khas Jepang di Hinomaru Japanese Restaurant Banjarmasin, Rabu (31/5/2023). (kalimantanpost.com/Mau)

BANJARMASIN, kalimantanpost.com – Bagi yang awam masakan Jepang, terutama terutama Sushi, tak perlu ragu menikmatinya. Sekarang ini ada restaurant menyajikan menu khas Jepang , tapi menyesuaikan selera lidah urang Banjar.

“Saya hampir sebulan di Banjarmasin dan melakukan sendiri survey masakan dan selera lidah orang Banjar. Saya pun akhirnya tahu, orang Banjar sangat suka dengan masakan yang manis-manis,” papar Chef Abdul Antoni dari Hinomaru Japanese Restaurant, Rabu (31/5/2023) sore.

Jadi, kata Chef Abdul ini, dirinya pun membikin masakan Jepang ada terasa manisnya. Namun, bagi yang ingin benar-benar khas Jepang, mereka juga akab menyediakannya.

Ditambahkan chef yang pernah tinggal beberapa tahun di Jepang ini, sementara ini akan mengandalkan menu Shushi dulu. Menariknya, untuk menaburi Sushi itu ada abonnya khas ikan lokal Haruan.

“Saya juga akan mempelajari ikan-ikan yang disini seperti ikan Patin dan lainnya untuk dikombinasikan dengan masakan Jepang,” papar.

Lalu, di Kalsel inj terkenal dengan udang yang di ekspor hingga ke Jepang. “Saya nanti membikin udang jatuhnya ke tembura,” ungkap Chef Abdul.

Selain diawal mengandalkan menu Jepang dengan Sushinya, juga Sabu-sabu dan lain-lain.

“Sambil jalan kita mempelajari menu apa yang paling disukai remaja dan orang tua disini,” ungkapnya

Owner Hinomaru Japanese Restaurant, Widya mengatakan dirinya memillih masakan khas Jepang, karena masyarakat Banjarmasin cukup antusias masaksn khas Jepang

“Masakan disini beda dengan dengan restauran Japanese lainnya. Kita mengkombinasikannya dengan selera Urang Banjar seperti sushi dengan abon ikan haruannya,” ungkapnya.

Harganya pun, lanjut Widya, tercukup terjangkau bagi kalangan pelajar maupun mahasiswa dari Rp 35.000 ke atas.

Kalau diberi nama Hinomaru, jelasnya, karena artinya keberuntuangan yang berkelanjutan dan masakan disinilah pastinya halal.

Baca Juga:  Omzet Pasar Wadai di Depan Balaikota Banjarmasin Capai Rp11 Miliar

Hinomaru Japanese Restaurant Banjarmasin sendiri baru Soft Opening, Rabu (31/5/2023) dan dihadiri Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina bersama isteri, Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor bersama isteri serta undangan lainnya.

Usai membuka acara soft opening restaurant ini, Wali Kota Ibnu Sina bersama undangan lainnya menikmati masakan khas Jepang ini.

“Kehadiran Hinomaru Japanese Restaurant ini menambah variasi rasa di Banjarmasin,” papar Ibnu Sina.

Menurut dia, orang datang ke Banjarmasin tidak hanya berbisnis saja juga mengunjungi wisata dan kulinernya.

Wali Kota juga memuji rasa Sushi cocok dengan selera orang Banjar. “Saya mengapreasi chefnya mampu memasukkan kearifan lokal menyesuaikan selera orang Banjar tapi tidak menghilangkan Jepangnya,” ucapnya.

Menariknya lagi, lanjut dia, ada pilihan abon terbuat dari Haruan yang merupakan ikan khas Banjar. (Mau/KPO-3)

Iklan
Iklan