Iklan
Iklan
Iklan
Kuala Kapuas

Anggota Manggala Agni Kapuas Jalani Pemeriksaan Kesehatan

×

Anggota Manggala Agni Kapuas Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Petugas medis melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap anggota Manggala Agni Daops Kalimantan II Kapuas, Rabu (7/6/2023). (kalimantanpost.com/Ist)

KUALA KAPUAS, kalimantanpost.com – Sebanyak 44 anggota Manggala Agni Daops Kalimantan II Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan pemeriksaan kesehatan dalam rangka menghadapi musim kemarau tahun 2023.

“Pemeriksaan kesehatan dilakukan, untuk memastikan kondisi kesehatan anggota benar-benar sehat,” kata Kepala Daops Kalimantan II Kapuas, Aswaludin, di sela kegiatan pemeriksaan, Rabu (7/6/2023) lalu.

Karena, sambungnya, pemeriksaan kesehatan ini sangat penting dilakukan untuk anggota yang bertugas dilapangan dalam rangka mengantisipasi atau penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah setempat.

Oleh karena itu, dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini diharapkan anggota yang melaksanakan tugas dilapangan dalam kondisi yang sehat dan prima dalam penanganan karhutla di kabupaten setempat.

Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan ini di lakukan di Aula Kantor Manggala Agni Daops Kalimantan II Kapuas, jalan Patih Rumbih Kuala Kapuas, bekerjasama dengan Puskesmas Pulau Telo.

Pemeriksaan kesehatan terhadap anggota dimulai dari pemeriksaan tekanan darah, penyakit Diabetes Militus (Gula Darah) Screening Penyakit TBC danlainnya.

“Jadi anggota kita dilakukan screening terhadap penyakit tidak munular, seperti hipertensi, gula darah, TBC dan lainnya, karena anggota Manggala Agni ini selalu berjibaku dengan gumpalan asap Karhutla serta juga perlunya kekutan fisik yang menunjang dalam melakukan pemadaman karhutla,” katanya.

Menurutnya, screnning kesehatan bagi anggota Manggala Agni tersebut, sangat perlu dilakukan, dalam rangka untuk mengetahui penyakit yang dimiliki serta dapat mejaga kesehatannya dengan baik, sehingga dalam melaksanakan tugas dilapangan dapat berjalan baik dengan kondisi yang sehat.

“Karena salah tupoksi Mangga Agni yaitu pemadaman Karhutla apa bila terjadi,” terangnya.

Melalui pemeriksaan kesehatan ini, pihaknya menyampaikan terimaksih kepada jajaran Tim dari kesehatan Puskesmas Pulau Telo, yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap anggotanya.

Baca Juga:  DPRD Bangga Pelajar Kapuas Cetak Rekor Dunia Matimatika Terpanjang

“Terimaksih atas kepedulian dan dukungan tim kesehatan Puskesmas Pulau Telo, yang telah melakukan pemeriksaan terhadap anggota, semoga hasil sehat semua,” demikian Aswakudin.(Iw/KPO-3)

Iklan
Iklan