Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
MartapuraTRI BANJAR

Diskominfostandi Gelar Pelatihan NSPK Statistik Sektoral

×

Diskominfostandi Gelar Pelatihan NSPK Statistik Sektoral

Sebarkan artikel ini
PELATIHAN STATISTIK - Pelatihan NSPK Statistik Sektoral yang digelar Diskominfostandi, Rabu, di Martapura. (KP/wawan)

Martapura, KP – Pemkab Banjar melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Bidang Statistik dan Persandian menggelar Pelatihan Teknis Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) Statistik Sektoral, di Aula Barakat, Martapura, Rabu (7/6).

Hal tersebut dilaksanakan untuk mewujudkan sistem statistik sektoral yang andal, efektif dan efisien dan meningkatkan koordinasi, integrasi, harmonisasi dalam pelaksanaan urusan pemerintahan bidang statistik antara SKPD (produsen data) dengan wali data.

Kadis Kominfostandi, HM Aidil Basith mengatakan, saat ini hampir semua instansi, baik di pemerintahan pusat, provinsi, kabupaten/kota hingga tingkat kecamatan, sudah memanfaatkan data sebagai kebijakan tata kelola pemerintah.

“Dengan diterbitkannya Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang satu data Indonesia, dimaksudkan untuk mengatur penyelenggaraan tata kelola data yang dihasilkan instansi pusat dan daerah guna mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan,” katanya.

Ditambahkannya, Diskominfostandi sendiri sebagai wali data, yakni instansi daerah yang melaksanakan kegiatan pengumpulan, pemeriksaan dan pengelolaan data yang disampaikan oleh produsen data serta menyebarluaskan data.

“Diharap peserta pelatihan dapat memahami, bahwa data dihasilkan SKPD harus memenuhi standar dan wajib menyerahkan data hasil kegiatan kepada perangkat daerah yang menangani urusan pemerintahan bidang Statistik Sektoral,” harapnya.

Pelatihan menghadirkan tiga narasumber, yakni Komputer Ahli Madya Najwa Dauli Pranata, Fungsional Statistik Ahli Muda dari BPS Kalsel Akhmad Rifani serta Kasi Pengelolaan Data Statistik Dinas Kominfo Provinsi Muhammad Kharis Elyani. (wan/K-7)

Iklan
Baca Juga:  Kualitas Kaum Perempuan Jadi Penentu Kemajuan Banjarbaru
Iklan