Kabut Asap Kian Parah

Banjarbaru, KP – Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sebagian daerah di Kalsel kian parah. Beberapa kali penerbangan utamanya di Bandara Syamsudin Noor terganggu.

Selain itu, kasus inspeksi saluran pernapasan atas (ISPA) juga semakin tinggi.

Kasus tertinggi ISPA, saat ini berada di tiga daerah yakni Kabupaten Banjar, Banjarbaru dan Banjarmasin.

Di mana ketiga daerah tersebut paling terdampak kabut asap.

“Untuk ISPA paling tinggi ada di tiga daerah, Kabupaten Banjar, Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru,” jelas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalsel, Dr. Diauddin, Jumat (29/9).

Berita Lainnya
1 dari 3,078

Terkait apakah terjadi peningkatan kasus ISPA di Kalimantan Selatan, ia menuturkan, data kasus ISPA dilakukan sistem per minggu agar dapat terlihat peningkatan dan penurunannya.

“Saat ini ISPA masih terjadi peningkatan, tapi tidak signifikan. Masih tinggi dari biasanya tapi dalam minggu ini tidak meninggi dibanding minggu lalu,” ujarnya.

Diauddin mengatakan, saat ini kualitas udara di Kalimantan Selatan sedang tidak baik dan ini berpengaruh pada kesehatan masyarakat terlebih masyarakat yang memiliki potensi untuk terjadinya Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA).

“Untuk bidang kesehatan, kita mengimbau kepada masyarakat kalau beraktifitas di luar ruangan atau di tengah kabut asap untuk memakai masker, karena bagaimanapun juga pemakaian masker bisa mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi saluran pernafasan atas,” ucap Diauddin.

Disamping itu, untuk rekomendasi pembelajaran jarak jauh bagi sekolah-sekolah, Diauddin mengaku masih belum merekomendasikan hal tersebut karena saat ini kualitas udara yang masih bervariasi dan tidak ingin mengganggu sistem pendidikan.

“Kualitas udara yang masih bervariasi, kita tidak ingin mengganggu sistem pendidikan, jadi tidak ingin terburu-buru merekomendasikan PJJ. Saat ini masih merekomendasikan untuk penggunaan masker,” bebernya. (mns/K-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya