Iklan
Iklan
Iklan
EKONOMI

Harga Emas Naik Didorong Pelemahan Dolar Amerika

×

Harga Emas Naik Didorong Pelemahan Dolar Amerika

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi - Emas batangan dan uang kertas dolar AS dalam brankas. (Kalimantanpost.com/Antara/Reuters)

JAKARTA, Kalimantanpost.com – Harga emas berjangka pada akhir perdagangan Sabtu (21/10/2023) pagi WIB naik didorong pelemahan dolar AS.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember di divisi Comex New York Mercantile Exchange ditutup naik 13,9 dolar AS atau 0,7 persen menjadi 1.994,4 dolar AS per ons.

Investor terus beralih ke aset safe haven emas jelang kemungkinan invasi darat Israel ke Gaza. Apabila konflik di Timur Tengah meningkat, analis pasar memperkirakan harga emas bisa naik menyentuh di atas 2.000 dolar AS per ons.

Sementara itu, berbicara sebelum pertemuan Shadow Open Market Committee, Presiden Fed Cleveland Loretta Mester mengatakan pada Jumat (20/10) bahwa ia yakin bank sentral cenderung akan menaikkan suku bunga lagi.

“Terlepas dari keputusan yang diambil pada pertemuan berikutnya, jika ekonomi berkembang seperti yang diantisipasi, dalam pandangan saya kita kemungkinan besar akan mendekati atau mempertahankan suku bunga karena kami mengumpulkan lebih banyak informasi terkait perkembangan ekonomi dan keuangan serta menilai dampak pengetatan kondisi finansial yang telah terjadi,” ujar Mester sebagaimana Xinhua.

Ketua The Federal Reserve Jerome Powell membuka kemungkinan kenaikan suku bunga lebih lanjut dalam pidatonya pada Kamis (19/10).

Logam mulia lainnya, perak, untuk pengiriman Desember ditutup naik 47,3 sen atau 2,05 persen ke 23,504 dolar per ons. Sedangkan platinum untuk pengiriman Januari ditutup naik 6,9 dolar atau 0,77 persen ke 905,1 dolar AS per ons. (Ant/KPO-3)

Iklan
Baca Juga:  Harga Emas Kembali Menguat
Iklan