Kalimantan Post - Aspirasi Nusantara
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Barcelona Telan Kekalahan Perdana, Dortmund Taklukkan Newcastle di Liga Champions

×

Barcelona Telan Kekalahan Perdana, Dortmund Taklukkan Newcastle di Liga Champions

Sebarkan artikel ini
IMG 20231108 WA0009
Para pemain Shakhtar Donetsk merayakan gol yang dicetak Danylo Sikan (kedua dari kanan) pada pertandingan Liga Champions Grup H melawan Barcelona yang dimainkan di Hamburg, Jerman, Selasa (7/11/2023). (Kalimantanpost.com/AFP/Antara)

HAMBURG, Kalimantanpost.com – Klub raksasa Spanyol, Barcelona menelan kekalahan perdana usai ditumbangkan Shakhtar Donetsk, sedangkan Borussia Dortmund menaklukkan Newcastle United diajang Liga Champions.

Bertanding di Grup H, di Stadion Volksparkstadion, Hamburg, Jerman, Rabu (8/11/2023) dini hari WIB, Barcelona kalah 0-1 atas Shakhtar Donetsk. Gol tunggal Shakhtar dicetak oleh Danylo Sikan lima menit sebelum babak pertama usai.

Iklan

Meski meraih kemenangan, Shakhtar Donetsk masih berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup H dengan enam poin dari empat laga, sedangkan Barcelona tetap menduduki peringkat pertama dengan sembilan poin.

Secara statistik sebenarnya Barcelona mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 64 persen penguasaan bola serta melepaskan 12 tendangan, namun Shakhtar Donetsk dapat tampil efektif memaksimalkan peluang yang didapatkan.

Barcelona mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sempat memberikan ancaman lewat tendangan Ilkay Gundogan yang masih belum menemui sasaran.

Setelahnya giliran Shakhtar yang memberikan ancaman lewat tendangan voli Mykola Matviyenko, namun dapat dihalau kiper Barca Marc-Andre Ter Stegen.

Shakhtar tak berhenti di situ dan kembali mendapatkan peluang lewat tendangan Oleksandr Zubkov, namun bola masih menyamping dari gawang Barca.

Skuad asuhan Marino Pusic sukses mencuri keunggulan terlebih dahulu setelah umpan dari Giorgi Gocholeishvili dapat dimaksimalkan menjadi gol oleh sundulan Danylo Sikan yang mengubah skor menjadi 1-0 pada menit 40.

Pada sisa waktu babak pertama, Barcelona berusaha untuk lebih menekan lini pertahanan Shakhtar, namun hingga turun mjnum, skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Barca kembali mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sempat memberikan ancaman lewat tendangan Ferran Torres yang masih belum menemui sasaran.

Shakhtar sepertinya belum puas dengan keunggulan satu gol dan memiliki peluang berbahaya lewat tendangan Gocholeishvili yang masih dapat diamankan Ter Stegen.

Baca Juga :  Skuad Barito Putera Turut Meriahkan Hari Jadi PonPes Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai Ke-102

Meski tak sering menguasai bola, Shakhtar dapar kembali memberikan ancaman lewat tendangan Sikan, namun Ter Stegen dapat melakukan penyelamatan.

Pada menit 59, pelatih Barca Xavi Hernandez langsung mengganti empat pemain sekaligus dengan memasukkan Pedri, Joao Felix, Lamine Yamal serta Alex Balde.

Pergantian pemain tersebut hampir membuahkan hasil, andai tendangan Joao Felix usai menerima umpan Lamine Yamal tak menyamping dari gawang Shakhtar.

Selanjutnya Barcelona lebih sering memberikan ancaman, namun solidnya lini pertahanan Shakhtar dan kiper Dmytro Riznyk membuat tak ada gol yang tercipata sehingga skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah tetap bertahan hingga pertandingan selesai.

Sementara itu, Borussia Dortmund naik ke puncak klasemen Grup F Liga Champions setelah menang 2-0 atas tamunya Newcastle United, pada pertandingan yang dimainkan di Signal Iduna Park, Dortmund, Selasa setempat atau Rabu dini hari WIB.

Dortmund berada di pucuk dengan tujuh poin, sedangkan Newcastle tertahan di posisi ketiga dengan empat poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Namun posisi Dortmund berpeluang segera direbut PSG, yang baru akan bermain menjamu AC Milan beberapa jam setelahnya.

Tuan rumah Dortmund yang menelan kekalahan 0-4 dari seteru abadinya Bayern Munich pada pertandingan terakhir yang mereka mainkan sebelum laga ini, mencoba menggebrak sejak awal. Karim Adeyemi mengirimkan umpan yang diteruskan sepakan melambung Julian Brandt dari tepi kotak penalti.

Peluang berikutnya kembali menjadi milik Dortmund. Mereka membongkar pertahanan Newcastle dan Niclas Fuellkrug menjadi penyelesai serangan saat sepakannya ditahan kiper Nick Pope.

Pope kembali menjadi penyelamat Newcastle beberapa saat kemudian. Kali ini ia menahan tembakan keras Adeyemi dari sisi kanan.

Kegigihan Pope akhirnya terpatahkan saat Dortmund memecah kebuntuan pada menit ke-26. Fullkrug meneruskan bola operan dengan sundulan kepala tertuju kepada Marcel Sabitzer, yang bergerak memotong sebelum mengirimkan umpan yang diselesaikan dengan sempurna oleh Fuellkrug dari jarak dekat.

Baca Juga :  Bahrain Minta Main di Luar Indonesia, Ini Tanggapan PSSI

Keunggulan 1-0 untuk Dortmund bertahan sampai turun minum.

Pada awal babak kedua, Newcastle berupaya lebih meningkatkan serangannya. Valentino Livramento menyambar umpan silang yang masih dapat dibendung kiper Gregor Kobel, sedangkan sepakan Almiron melebar.

Saat Newcastle berusaha mencetak gol penyama kedudukan, justru Dortmund yang menggandakan keunggulan pada menit ke-79. Diawali bola tendangan bebas Newcastle, bola justru jatuh ke penguasan Adeyemi yang kemudian mengirim umpan panjang kepada Brandt. Brandt hanya perlu berhadapan dengan Livramento, sebelum kemudian melesak ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan yang gagal dihentikan Pope.

Sisa jalannya pertandingan menjadi milik Dortmund, dengan Newcastle gagal memberikan ancaman nyata kepada tuan rumah. Skor 2-0 bagi keunggulan Dortmund bertahan sampai peluit panjang berbunyi. (Ant/KPO-3)

Iklan
Space Iklan
Iklan
Ucapan