Kadin Mitra Strategis Pemprov Kalteng, Manfaatkan Peluang Ekspor 2.000 Daun Pintu ke Cina

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) telah sejak lama menjadi mitra strategis Pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Kami mengharapkan Kadin Kalteng mampu meningkatkan perannya menjadi yang terdepan memajukan perekonomian Daerah, ” kata Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah Yuas Elko mewakili Gubernur Sugianto Sabran pada acara pengukuhan dan Rapat Pimpinan (Rapim) Kadin Kalteng priode 2021-2026, di Palangka Raya, Kamis (23/11).

Kegiatan dihadiri unsur Muspida dan Dinas/Instansi terkait, serta organisasi dunia usaha yang tergabung di Kadin.

Selain itu, lanjut Yuas, Kadin diharapkan membantu solusi, agar roda perekonomian dapat berjalan dengan dukungan semua pemangku kepentingan, dengan tujuan akhir kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

“Kadin Kalteng bisa bersinergi dengan Pemerintah Kalteng dalam mewujudkan visi-misi Kalteng yang maju, mandiri, dan sejahtera, melalui program organisasi ini,” tandasnya.

Berita Lainnya
1 dari 35

Diakuinya Kadin Kalteng telah bekerja keras meningkatkan daya saing pelaku usaha, baik melalui pelatihan dan pendampingan usaha, pengembangan ekspor, dan kerjasama internasional.

Harapan Gubernur disebutkan, Kadin bersama dunia usaha mampu memanfaatkan peluang-peluang yang ada, dan terus berinovasi mengembang kan produk-produk yang berkualitas dan berdaya saing global.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Kalteng Rahmad Nasotion Hamka mengakui, pihaknya fokus pada pembinaan UMKM di Kalteng serta hilirisasi industri, guna meningkatkan daya saing produk daerah bisa diterima di pasar global.

Rahmad berharap pengusaha yang tergabung di Kadin mampu memanfaatkan peluang ekspor 2.000 daun pintu tiap tahunnya ke Cina. Pasalnya untuk memenuhi kouta tersebut tak cukup hanya ditangan pengusaha satu atau dua orang saja, tetapi dari seluruh daerah yang ada.

Pada agenda yang juga dihadiri Ketua Umum Kadin Pusat, diwakili Wakil Ketua Umum Silvarius Oscar Unggul itu, menyebutkan potensi hilirisasi di daerah ini dari produk turunan CPO, kayu, rotan, batu bara dll, “diharapkan mampu memberikan multiplayer efek” ujarnya. (Drt/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya