Ini Empat Kriteria Dapat Bantuan Keuangan Berbasis Ekologi

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Ada empat kriteria yang digunakan dalam pengalokasian Bantuan Keuangan Berbasis Ekologi meliputi Pengelolaan Keanekaragaman Hayati, Pengelolaan Sumber Daya Air, Pengelolaan Persampahan, dan Pengelolaan Hutan.

“Kemudian melalui proses verifikasi, penilaian dan skoring, serta perhitungan indeks kumulatif capaian kinerja ekologi, sebagai dasar perhitungan dalam pemberian pagu anggaran insentif berbasis ekologi kepada Pemerintah Kabupaten/Kota,” papar Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kalteng saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Bantuan Keuangan Berbasis Ekologi Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023, di Palangka Raya, Selasa (5/12/2023) sore.

Kegiatan dilaksanakan Biro Perekonomian Setda Kalteng selama dua, 5-6 Desember dan diikuti 60 peserta dari perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup, Perencanaan Daerah, Bagian Ekonomi dan SDA, serta Bagian Keuangan dan Aset Daerah se Kalteng

Selanjutnya, bantuan Keuangan Berbasis Ekologi merupakan transfer anggaran yang bersifat khusus peruntukannya, yang ditetapkan oleh pemerintah daerah pemberi insentif, dan pengelolaannya diserahkan sepenuhnya kepada penerima insentif.

Bantuan Keuangan Berbasis Ekologi diberikan oleh Pemerintah Provinsi kepada kabupaten/kota dalam rangka melaksanakan kegiatan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota, untuk menunjang program-program strategis pembangunan provinsi dan nasional, dengan tujuan antara lain, mempercepat pencapaian sasaran pembangunan kabupaten/kota, provinsi dan nasional.

Kemudian untuk mendukung peningkatan penyediaan kebutuhan sarana dan prasarana dasar bagi masyarakat, meningkatkan sinergisitas antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota; serta mendukung pelaksanaan pembangunan berkelanjutan.

Ditambahkannya, salah satu hal penting untuk pelaksanaan pembangunan berkelanjutan adalah dengan memberikan dukungan kepada kabupaten/kota dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Berita Lainnya
1 dari 30

Dengan demikian, dukungan bantuan keuangan berbasis ekologi diharapkan membantu capaian kinerja pemerintah provinsi dalam pelaksanaan pembangunan berkelanjutan.

“Permasalahan bidang lingkungan hidup dan kehutanan memang kompleks, melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergisitas dan keterpaduan antara Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, dan mendukung pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan yang berkelanjutan di Kalimantan Tengah” tutupnya.

Kegiatan Bimbingan Teknis Bantuan Keuangan Berbasis Ekologi ini merupakan rangkaian dari kegiatan tindak lanjut setelah disahkannya Peraturan Gubernur Nomor 40 Tahun 2023 tentang Pelaksanaan Kegiatan Strategis Lainnya yang dibiayai oleh Dana Bagi Hasil Sumber Daya Alam Dana Reboisasi Provinsi Kalimantan Tengah.

Salah satu kegiatan strategis lainnya tersebut yaitu pemberian Insentif atas kinerja pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan kepada pemerintah Kabupaten/Kota, yang dilakukan dengan mekanisme pengalokasian bantuan keuangan berbasis ekologi.

Sementara itu, Kabid Sumber Daya Alam Biro Perekonomian Setda Kalteng Rommy V. Koetin mengungkspkan. tujuan kegian ini adalah untuk memberikan bimbingan teknis dan arahan serta asistensi dalam rangka pemberian, penyaluran dan pertanggungjawaban melalui mekanisme pengalokasian bantuan keuangan berbasis ekologi dari provinsi kepada kabupaten/kota, untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja pengelolaan lingkungan hidup, kehutanan kabupaten/kota se Kalteng.

“Hasil keluarannya adalah ASN yang mampu melaksanakan kegiatan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan berbasis kinerja, guna meningkatkan indeks kualitas lingkungan hidup dan kehutanan di wilayah Kalteng,” sebutnya.

Sebagai narasumber kegiatan tersebut Tim Ahli dari CV. Polygons Eka Nor Taufik, BKAD Kalteng Yanies Meiyanti, dan Dinas Kehutanan Kalteng Moch. Arifin Setiawan. (drt/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya