Kalsel Akan Menjadi Tuan Rumah Kejuaran Dunia Barongsai

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Ini kabar gembira buat penikmat penampilan barongsai. Kalimantan Selatan (Kalsel) akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Barongsai pada tahun 2024 ini.

“Rencananya kita akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Barongsai di Kalsel. Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor sudah mendukung digelarnya event berskala internasional tersebut,” Ketua Umum Persatuan Liong Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) Kalimantan Selatan, Nawang Wijayanti, Sabtu (10/2/2024).

Menurut dia, saat ini dirinya sudah melakukan komunikasi dengan 11 negara dan sangat berminat mengikuti Kejuaraan Dunia Barongsai di Kalsel.

Apalagi, lanjut dia, Kalsel merupakan juara pertama Kejuaraan Dunia Barongsai pada tahun 2022 lalu, sehingga negara lain pun mengetahuinya.

Sebelumnya, Barongsai Kalsel juga pernah tampil di Kejuaraan Dunia Barongsai di Malaysia dan berhasil masuk 10 besar.

Selain itu, kata Nawang, Kalsel pernah menggelar Kejuaraan Nasional Barongsai dan berlangsung cukup sukses.

“Pengalaman inilah yang menjadi modal kepercayaan kami akan menggelar event internasional. Ditambah lagi ada dukungan dari Pemprov dan Dispora Kalsel,” tandasnya.

Adanya event berskala internasional tersebut, kata Nawang, sejak sekarang pihaknya mempersiapkan diri baik teknis maupun teknis supaya kegiatan berjalan sukses dan lancar.

Selain itu, kata dia, dengan digelarnya kejuaraan Barongsai tingkat dunia akan meningkatkan perekonomian di Kalsel seperti tingkat hunian hotel, kunjungan pariwisata bertambah, transportasi di bandara meningkat dan lain-lain.

Selain menggelar event berskala internasional, Nawang pun berjanji akan terus mengembangkan Barongsai ke-13 Kabupaten/Kota di Kalsel.

“Barongsai cukup disukai masyarakat di Banua, hanya saja untuk mengembangkannya di daerah perlu waktu,” ujarnya.

Salah satu faktor kendala masih belum terbentuknya pengurus cabang karena mahalnya peralatan Barongsai. “Untuk satu kepala Barongsai yang asli terbuat dari bulu domba harganya Rp 25 juta dan itu belinya di luar negeri,” paparnya.

Nawang berharap kedepannya, Barongsai terus berkembang di Banua, apalagi banyak generasi muda menyukainya. (ful/KPO-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
Berita Menarik Lainnya

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya