Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Tanah Bumbu

Sambangi PPP, Legislator Kalsel Harapkan Segera Dibangun Pabrik Es Batu dan Penambahan SDM

×

Sambangi PPP, Legislator Kalsel Harapkan Segera Dibangun Pabrik Es Batu dan Penambahan SDM

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi (kanan) didampingi Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Batulicin, Akhmad Syarkawi. (Kalimantanpost.com/Repro humasdprdkalsel)

TANAH BUMBU, Kalimantanpost.com – Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan kunjungan kerja ke Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Batulicin, Senin (12/2/2024).

Berbagai hal menjadi sorotan terutama terkait sarana prasana penunjang kualitas mutu ikan. Salah satunya yakni pembangunan pabrik es batu yang sudah diusulkan sejak 2018 lalu.

Menurut Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi, pabrik es batu itu sangat diperlukan demi menjaga kualitas ikan hasil tangkap nelayan.

“Hasil tangkapan ikan di Tanah Bumbu sudah sangat baik. Tetapi jika dibandingkan dengan Banjarmasin, tekstur dan rasa ikan masih kalah,” kata Yani Helmi saat memimpin kunjungan kerja Komisi II DPRD Kalsel ke PPP Batulcin, Senin (12/2).

Diketahui ketersediaan es batu PPP Batulicin sampai saat ini hanya memenuhi sekitar 20 persen dari hasil tangkapan.

Oleh sebab itu, wakil rakyat akrab disapa Paman Yani itu akan mendesak dinas terkait untuk menindaklanjuti rencana pembangunan pabrik es batu melalui Rapat Dengar Pendapat (RDP) dalam waktu dekat.

“Walaupun nanti kendalanya adalah terkait dengan anggaran, nanti akan kita coba untuk ajukan ke Kementerian,” ungkap Paman Yani.

Di tempat sama, anggota Komisi II DPRD Kalsel, Burhanuddin menyoroti tentang pentingnya penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) yang benar-benar mengerti tentang perikanan dan kelautan di PPP Batulicin.

Pasalnya, Burhanuddin menilai ikan hasil tangkap nelayan di pelabuhan itu sangat melimpah. Bahkan dikirim hingga ke provinsi tetangga seperti Kaltim dan Kalteng.

“Terkait kekurangan yang lain seperti kantor dan operator kita berharap kepada Pemprov Kalsel agar segera direncanakan. Intinya harus ada target yang bisa diselesaikan tahun ini, dan harus ada pula rencana target pembangunan untuk tahun 2025,” tekannya.

Baca Juga:  Perbup Nomor 33 Tahun 2019 Disosialisasikan

Burhanuddin juga menginginkan kedepannya PPP Batulicin memiliki produk olahan ikan untuk dikirim ke luar provinsi.

“Sehingga juga akan berdampak pada PAD yang lebih tinggi. Tapi itu jelas memerlukan anggaran, kalau begitu ya bisa dilakukan kerjasama. Jadi PPP bisa komunikasikan ini bersama kami apa yang jadi kendala. Sampaikan supaya bisa jadi perhatian kita bersama,” pintanya.

Sementara, Kepala PPP Batulicin, Akhmad Syarwani mengaku sangat mengapresiasi perhatian yang diberikan Komisi II DPRD Kalsel terhadap pelabuhan yang dipimpinnya.

“Apalagi terkait pabrik es batu itu. Saya harap RDP nanti akan berjalan lancar sehingga jika terealisasi bisa mendongkrak harga ikan disini dan tentu PAD kami juga akan semakin baik,” ungkap Syarwani. (Nau/KPO-3)

Iklan
Iklan