Iklan
Iklan
Iklan
Banjarmasin

Jalankan Ibadah Puasa Bentuk Disiplin dan Ketaatan

×

Jalankan Ibadah Puasa Bentuk Disiplin dan Ketaatan

Sebarkan artikel ini

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Ramadhan adalah merupakan bulan yang di nanti oleh kaum muslimin di seluruh dunia.

Bulan yang penuh berkah tersebut adalah bulan yang banyak memiliki keistimewaan serta manfaat lahir dan batin.

Android

Akademisi Universitas Islam Kalimantan (Uniska)Muhammad Arsyad Albanjari (MAB) Junaidy. S.Sos., M.I.Kom., M.AB, menyebutkan, di bulan Ramadhan selain menjalankan ibadah puasa, menahan hawa nafsu seperti dahaga dan lapar dari fajar hingga terbenam, akan tetapi juga ada hikmah kedisiplinan yang melatih jiwa dan mental pada diri setiap insan yang menjalaninya.

Maka tak jarang orangtua menerapkannya pada anak seusia dini dalam melaksanakan puasa tersebut.

Dan hikmah dibalik puasa tersebut membentuk manusia seutuhnya selain bertakwa kepada Allah juga kepatuhan yang sangat bagus.

Seperti yang pertama mendekatkan diri kepada yang kuasa, pada diri generasi muda sudah tertanam kuat akan membentuk nilai kepatuhan. Apapun yang akan dilakukan nantinya akan berdasarkan pedoman yang telah diberikan oleh Allah dan semata hanya untuknya. Tentunya pasti semua itu penuh dengan hal positif dan bermanfaat.

Dalam puasa juga menanamkan kejujuran dan disiplin, seperti melaksanakan ibadah puasa tidak ada yang melihat kita makan dan minum kecuali Allah.

“Disiplin, kejujuran serta taqwa yang terlatih setiap hari nya,” katanya.

Koordinator gugus tugas Banjarmasin Bersatu GNRM Kota ini juga mengungkapkan ada nikmat saat berpuasa. Seperti ketika berbuka puasa dan menikmati suasana Ramadhan. Kita akan merasakan bagaimana ketika menahan lapar dan haus dan betapa bersyukurnya ketika mendapatkan waktu makan. Bagi generasi muda, senantiasa bersyukur akan menjadi pelajaran hidup untuk di masa mendatang. Dari sinilah muncul rasa saling tolong menolong dan banyak hal positif dari kehidupan sosial lainnya.

Baca Juga:  Pansus Genjot Pembahasan Raperda PBGPemko Berikan Keringanan dan Pembebasan Retribusi

Lanjutnya pula, dalam berpuasa tentu banyak ujian yang di hadapi pula seperti menahan emosi menyebut dan prasangka buruk kepada sesama namun disaat itulah kita mendapat pembelajaran untuk lebih bijaksana dalam bertindak.

Yang jelas Ramadhan adalah bulan yang banyak memberikan masukan positif baik secara nyata dengan pembentukan perilaku diri maupun secara spritual yakni kebatinan.

“Berpuasa dapat menjadi ladang untuk berbenah diri selain mencari ridho Allah, ” pungkasnya. (fin/KPO-1)

Iklan
Iklan