Iklan
Iklan
Iklan
Palangka Raya

Urusan Ketenagakerjaan Kalteng Peringkat Empat Nasional dengan IPK 72,94

×

Urusan Ketenagakerjaan Kalteng Peringkat Empat Nasional dengan IPK 72,94

Sebarkan artikel ini
Penyerahan IPK Kalteng. (Kalimantanpost.com/drt)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Pembangunan ketenagakerjaan bukan hanya isu seputar penurunan tingkat pengangguran, melainkan juga pendayagunaan angkatan kerja, pemerataan kesempatan kerja, perlindungan tenaga kerja, serta memperhatikan kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

Hal itu guna memantau dan mengevaluasi pencapaian pembangunan ketenagakerjaan serta menilai keberhasilan Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pembangunan ketenagakerjaan, disusunlah Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) oleh Kementerian Ketenagakerjaan yang diintegrasikan dengan Substainable Development Goals (SDG’s).

Android

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Farid Wajdi mengemukakan hal itu saat membuka kegiatan Pengukuran Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan tahun 2023 oleh Tim Pengukur Pusat dan Tim Pengukur Daerah, di Palangka Raya, Jumat (15/3/2024).

“Kalteng terbaik ketiga urusan Ketenagakerjaan Sedang, dan secara nasional peringkat empat dengan IPK 72,94,” ujarnya.

Dengan capaian tersebut, perlu dilakukan evaluasi untuk keberhasilan Pembangunan Ketenagakerjaan, dan diharapkan IPK juga naik untuk mewujudkan Kalteng Makin BERKAH.

Farid menjelaskan terdapat sembilan indikator utama pembangunan ketenagakerjaan yaitu perencanaan tenaga kerja; penduduk dan tenaga kerja; kesempatan kerja; pelatihan dan kompetensi kerja; produktivitas tenaga kerja; hubungan industrial.

Berikutnya kondisi lingkungan kerja; pengupahan dan kesejahteraan pekerja; serta jaminan sosial. Indikator- indikator tersebut sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalteng.

Sementara itu, Perencana Ahli Madya Widyantoro Mukti Raharjo selaku anggota tim pengukur pusat dari Pusat Perencanaan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja (Pusrenaker Kemnaker) RI mengatakan Provinsi Kalteng pernah meraih peringkat tiga nilai IPK kategori sedang.

Ia berharap ke depannya Kalteng dapat menjadi yang terbaik dan kembali meraih prestasi.

“Dengan data yang lengkap dan capaian yang baik, semoga Kalteng menorehkan prestasi lebih baik,” ucap Widyantoro.

Baca Juga:  Rektor Kukuhkan Guru Besar Prof. Dr. Yunikewaty

Kegiatan tersebut dihadiri Tim Pengukur Pusat, Tim Pengukur Daerah, Sekretaris Disnakertrans Kalteng Diagus, Kabid Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Abraham OB Arongear, Kabid HI dan Jamsostek Fritman Banlo, Kasi Norma K3 Mirue, Pengawas Ketenagakerjaan Royen B. Sitorus, Perencana Ahli Muda Heru Setiawan, Perencana Ahli Muda YB Marsanto, serta Analis Perencana dan Program Yoyok. (drt/KPO-3)

foto

  • Penyerahan IPK Kalteng. (Kalimantanpost.com/drt)
Iklan
Iklan