Iklan
Iklan
Iklan
BANUA KITABarito Kuala

Disdik Batola Ajak Siswa Ikuti Wabinar Literasi Digital

×

Disdik Batola Ajak Siswa Ikuti Wabinar Literasi Digital

Sebarkan artikel ini
Para siswa mengikuti kegiatan Acara webinar literasi digital di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Batola. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemkabbatola)

BATOLA, Kalimantanpost.com– Kementerian kominfo pusat mengadakan zoom meeting dengan program Makin Cakap Digital 2024 terkait Pentingnya Mengasah Kemampuan Sejak Dini di Era Digital untuk para siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) agar lebih bijak menggunakan digital.

Kegiatan tersebut dibuka Sekretaris Dinas Pendidikan Lulut Widianto Putro, S.Pd., MM, di aula Dinas, Kamis (25/4/2024).

Lulut menyampaikan saat sekarang dinamakan era digital dan anak-anak tidak ada yang tidak pernah memegang handphone. Ini adalah suatu gambaran zaman sekarang sudah berbeda dan sekarang adalah era nya digital.

Segala lini tidak terlepas dunia pendidikan sehingga saat sekarang bagaimana kita memanfaatkan era digital dalam Langkah proses belajar mengajar di satuan pendidikan.

Ia juga menambahkan baik oleh guru, siswa, masyarakat juga orang tua dan anak- anak harus menyadari antara penting dan bahayanya nya dalam menggunakan perangkat digital.

“Untuk itu kami persilahkan anak-anak mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya dengan narasumber- narasumber yang telah disiapkan oleh Kominfo yang hasilnya nanti bisa meningkatkan prestasi belajar anak-anak,” jelasnya.

Selanjutnya dari Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, menyampaikan memasuki 2024 ini perwujudan digitalisasi tetap salah satu prioritas guna mewujudkan makin digital makin maju. Kemudian melalui Direktorat Jendral Komunikasi dan Informatika terus berkomitmen dalam menyelenggarakan berbagai insiatif dan program peningkatan literasi digital guna mendukung upaya transformasi digital yang inklusif memberdayakan serta berkelanjutan.

“Upaya transformasi digital ini perlu terus kita lakukan untuk mendorong kemajuan perekonomian bangsa dan membuka berbagai peluang bagi masyarakat Indonesia. Mengingat perkembangan teknologi digital saat ini telah mengubah cara kita bekerja berusaha dan menjalani kehidupan kita sehari-hari,” katanya.

Kesiapan infrastruktur digital memang menjadi pondasi utama dalam mewujudkan mandate Presiden Joko Widodo tentang pembangunan backbound yang menyambungkan kota dan kabupaten di Indonesia melalui program Palapa Ring serta menyediakan akses internet 4G ke pelosok Nusantara.

Baca Juga:  Ketua TK PKK HST Bina Gerakan Sayang Ibu Di Kecamatan Batang Alai Timur

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyampaikan peningkatan kemampuan pemanfaatan internet secara aman dan produktif terbukti semakin urgen di tengah pesat nya penetrasi teknologi digital.

“Dalam Kehidupan kita sehari-hari kondisi ini tentu harus menggugah kesadaran kita bersama untuk terus meningkatkan literasi digital di Indonesia terlebih pada tahun 2023 indeks literasi digital Indonesia berada di angka 3,65 dari skala 5 atau tingkat sedang angka tersebut memang menunjukkan peningkatan jika dibanding dengan tahun sebelumnya yakni 3,54. Namun bukan berarti kita dapat berpuas diri apalagi kegiatan literasi memiliki manfaat secara ekonomi,” tutupnya.

Acara webinar literasi digital tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Lulut Widianto Putro, Kominfo Pusat, Kepala SMP se-Barito Kuala, dewan guru, staf Laksana Sekolah, Anak – anak sekolah SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 3 Marabahan. Melalui Daring dihadiri oleh Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi (agung/KPO-3)

Iklan
Iklan