Iklan
Iklan
Iklan
MartapuraTRI BANJAR

“Gercep Bang” Sasar SMP se Kabupaten Banjar

×

“Gercep Bang” Sasar SMP se Kabupaten Banjar

Sebarkan artikel ini
GERCEP BANG - Upacara Hardiknas dengan tema Gerakan Cegah Pernikahan Dini, Bangga Sekolah “Gercep Bang” di SMPN 1 Martapura. (KP/Wawan)

Martapura, KP – Pemkab Banjar melalui Dinas Pendidikan setempat menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2024, dengan tema Gerakan Cegah Pernikahan Dini, Bangga Sekolah “Gercep Bang”, di SMPN 1 Martapura, Senin (29/04/2024).

Ketua TP PKK Hj Nurgita Tiyas menjadi Pembina Upacara, diikuti Kadis Pendidikan Liana Penny, para dewan guru dan seluruh siswa-siswi SMPN 1 Martapura.

Gita Tiyas mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Dinsos P3AP2KB dan Dinas Pendidikan memperingati Hari Pendidikan Nasional sebagai momentum membangkitkan semangat, dengan tujuan siswa dapat mengetahui apa yang menjadi hak dan kewajibannya.

“Kolaborasi dengan para dewan guru yang kami harap terus membersamai, dapat mengedukasi mereka bagaimana pandangan-pandangan terhadap masa depan, semoga upaya dan ikhtiar ini dapat menekan lajunya angka usia pernikahan dini,” harapnya.

Menurutnya, berdasarkan data, angka putus sekolah di Kabupaten Banjar sudah tidak ada, kebanyakan yang terdeteksi melaksanakan pernikahan dini anak-anak tidak sekolah.

“Mudah-mudahan adanya sosialisasi di sekolah-sekolah, nanti menularkan semangat kebersamaan masyarakat yang usianya sama atau pernah tergabung sewaktu SD, sehingga dapat saling bercerita pada pandangan dan cita-cita kedepan,” ungkapnya.

Selain di SMPN 1 Martapura, “Gercep Bang” juga digelar serentak di 75 SMPN dan SMP lainnya yang di Kabupaten Banjar. Diantaranya SMP Darul Hijrah Putra, SMP Darul Hijrah Putri Martapura, SMPN 1 Martapura Timur, Barat, Karang Intan, Aranio, Aluh-Aluh, Beruntung Baru, Kertak Hanyar, Sungai Tabuk, Astambul dan Mataraman. (Wan/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Anggota DPRD Kalsel Hj Dewi Damayanti Said Selesaikan 16 Titik Reses
Iklan