Iklan
Iklan
Iklan
Hulu Sungai Selatan

Pemkab HSS Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah

×

Pemkab HSS Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah

Sebarkan artikel ini
UPACARA - Peringatan hari otonomi daerah di Kabupaten HSS. (KP/M Hidayat)

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan upacara peringatan hari otonomi daerah (Otda) XXVIII, Kamis (25/4/2024) di Halaman Kantor Bupati HSS.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten HSS Muhammad Noor memimpin upacara, yang turut dihadiri unsur Forkopimda HSS, dan diikuti para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab HSS.

Sekda Kabupaten HSS Muhammad Noor menuturkan, tema peringatan hari otonomi daerah tahun ini adalah “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”. 

“Tema ini dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran akan amanah, serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal, serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan, untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang,” ucapnya, membacakan sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri.

Sekda Muhammad Noor menjelaskan, dalam ekonomi hijau, kebijakan desentralisasi memberikan ruang bagi pemerintah daerah untuk melakukan pengelolaan sumber daya alam secara lebih efisien dan berkelanjutan.

“Termasuk melalui transformasi produk unggulan, dari yang semula berbasis produk yang tidak dapat diperbaharui. Seperti industri pengolahan pertambangan, menjadi produk dan jasa yang diperbaharui dengan tetap memperhatikan potensi daerah,” terang Muhammad Noor.

Diterangkannya, setelah 28 tahun diterapkan, otonomi Daerah telah memberikan dampak positif terhadap meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta melahirkan berbagai terobosan kebijakan daerah yang bernilai manfaat bagi masyarakat. (tor/K-6)

Iklan
Baca Juga:  TP PKK HSS Penilaian Lomba di Kecamatan dan Desa
Iklan