Iklan
Iklan
Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Tahun ini Jalan Padat Karya Sungai Andai Dilebarkan

×

Tahun ini Jalan Padat Karya Sungai Andai Dilebarkan

Sebarkan artikel ini
PELEBARAN- Guna mengurangi kemacetan Jalan Padat Karya Kelurahan Sungai Andai tahun 2024 ini dilaksanakan pelebaran jalan. (KP/Amir Hamzah)

Banjarmasin,KP- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Banjarmasin tahun 2024 ini merencanakan pembangunan, peningkatan serta pemeliharaan puluhan jembatan dan jalan.

“ Untuk pembangunan jembatan atau peningkatan jembatan, baik besar maupun kecil pada tahun 2024 direncanakan sebanyak 22 titik,” kata Kepala DPUPR Kota Banjarmasin Suri Sudarmadiyah

Kepada {KP} Suri Sudarmadiyah menjelaskan, jembatan skala kecil ini umumnya terbuat dari kayu ulin sehingga perlu dilakukan perbaikan karena faktor usia.

Dikatakan perbaikan jembatan dilaksanakan dengan dicor beton dan umumnya berada pada lingkungan perumahan warga.

Sedangkan untuk jembatan skala besar, yaitu pembangunan jembatan Sungai Jingah yang menghubungkan Sungai Mesa atau Jalan Kampung Melayu.

Selanjutnya pembangunan jembatan yang akan menghubungan Kelurahan Sungai Andai dengan jalan Cemara Ujung di Kecamatan Banjarmasin Utara.

Suri Sudarmadiyah memastikan khusus untuk pembangunan jembatan Sungai Jingah – Sungai Mesa yang akan membentang di atas Sungai Martapura saat ini sudah dilakukan proses pembebasan tanah dengan anggaran sekitar Rp 26 miliar.

“ Sekarang ini tinggal proses pembayaran saja yang belum,” ujarnya.

Dijelaskan selesai pembebasan lahan untuk tahap I mulai 2024 tahun ini dilaksanakan pekerjaan konstruksi jembatan terutama dari Jalan Sungai Jingah.

Disebutkan, pembangunan jembatan Sungai Jingah menghubungkan Sungai Mesa dengan panjang bentang sekitar 100 meter dan dirancang bisa dilewati kendaraan roda empat.

Menyinggung perbaikan jalan Suri Sudarmadiyah mengungkapkan, diantaranya akan dilaksanakannya pelebaran Jalan Padat Karya Sungai Andai untuk mengatasi kepadatan kendaraan di kawasan tersebut.

“ Sehubungan untuk kepentingan pelebaran pada kedua sisi jalan Padat Karya Sungai Andai ini akan dilaksanakan pembebasan tanah milik warga pada kedua sisi jalan itu,” demikian kata Suri Sudarmadiyah. (nid/K-3)

Iklan
Baca Juga:  Bupati Minta Ciptakan Terus Terobosan Baru
Iklan