Iklan
Iklan
Iklan
KALTENGPalangka Raya

Tingkatkan Investasi, PTSP Kalteng Gelar Rapat Konsolidasi dan Workshop Penanaman Modal

×

Tingkatkan Investasi, PTSP Kalteng Gelar Rapat Konsolidasi dan Workshop Penanaman Modal

Sebarkan artikel ini
- Rapat Konsolidasi Data Realisasi Penanaman Modal, Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM). (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Guna meningkatkan pencapaian target investasi tahun 2024 digelar rapat Konsolidasi Data Realisasi Penanaman Modal, Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM).

Kegiatan dirangkai dengan Workshop Penyusunan Bahan Promosi Penanaman Modal/ Investment Project Ready to Offer (IPRO) Tahun 2024, di Palangka Raya, Senin (29/4/2024).

Saat membuka agenda tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng yang dibacakan oleh Inspektur Daerah Kalteng Saring mengatakan, pada era digitalisasi saat ini pemerintah berusaha memudahkan para pelaku usaha dalam mengurus izin usahanya.

Kemudahan tersebut melalui Sistem Perizinan Berusaha Berbasis Risiko yang Terintegrasi Secara Elektronik, yang saat ini dikenal dengan nama OSS – RBA (Online Single Submission – Risk Based Approach).

Menurut Saring peningkatan investasi di Kalteng, tidak terlepas dari gencarnya Perangkat Daerah terkait seperti DPMPTSP Kalteng dan Dinas Teknis lainnya dalam melakukan promosi investasi.

“Saya berharap melalui sosialisasi dan Bimtek penyampaian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM), diharapkan dapat mendorong kesadaran dan peran aktif pelaku usaha dalam pemenuhan kewajiban-kewajibannya, yang tentunya akan berdampak pada meningkatnya nilai investasi di wilayah Kalteng,” tandasnya.

Di tempat yang sama Kepala DPMPTSP Kalteng diwakili Sekretaris Dinas Sukarno mengatakan pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran DPMPTSP Kabupaten/Kota dalam mendorong kepatuhan pelaku usaha dalam penyampaian LKPM Online.

Juga mengonsolidasikan target investasi Kabupaten/Kota, evaluasi pelaksanaan pengawasan terintegrasi melalui OSS-RBA serta menyusun strategi pencapaian target investasi tahun 2024.

Pihaknya berharap kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 29 – 30 April 2024 ini, dapat memberikan manfaat besar bagi para stakeholder di bidang penanaman modal dalam peningkatan kinerjanya dengan pemahaman penanaman modal.

Kemudian pelaporan LKPM, dan penyusunan IPRO yang lebih baik serta penyusunan strategi bersama,

Baca Juga:  Gubernur Kalteng: Isra Miraj Momentum Dekatkan Diri Dengan Pencipta

“Untuk mengantisipasi kendala-kendala yang berpotensi menghambat kegiatan investasi dengan tujuan meningkatkan realisasi investasi di Kalimantan Tengah,” tutup Sukarno.

Hadir pada kegiatan tersebut peserta dari Kepala DPMPTSP kab/kota atau diwakili, Akademisi Universitas, dan Perangkat Daerah terkait serta Perwakilan Bank Indonesia Prov. Kalteng. Hadir juga narasumber dari Kementerian Investasi RI /BKPM Vela Sari dan Eka Yulianti. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan