Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BANUA KITAKotabaru

Capaian Pembangunan Kabupaten Kotabaru Mengalami Berbagai Peningkatan

×

Capaian Pembangunan Kabupaten Kotabaru Mengalami Berbagai Peningkatan

Sebarkan artikel ini

Tahun Anggaran 2023 realisasi pendapatan daerah Kabupaten Kotabaru meningkat dengan jumlah 2,5 Trilyun Rupiah, dibandingkan pada Tahun 2022 yang berada pada besaran 1,7 Trilyun rupiah. Sementara realisasi Belanja Daerah Kabupaten Kotabaru Tahun Anggaran 2023 sebesar 2,3 Trilyun rupiah, yang berarti mengalami peningkatan capaian kerja.

Hal tersebut terpapar pada Laporan pertanggung jawaban Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Alaydrus, SH, tahun anggaran 2023, yang di terima oleh DPRD Kotabaru, dan merinci bahwa, Pada Tahun 2023, Kondisi menggembirakan pada sektor perekonomian Kabupaten Kotabaru, dimana pertumbuhan ekonomi membaik yang berada diangka 4, 29% , dibandingkan pada Tahun 2020 yang sempat merosot tajam diangka minus 1,87% akibat Pandemi Covid-19. Begitu juga Indeks pembangunan manusia pada Tahun 2023, meningkat sebesar 72,01, dibandingkan pada Tahun sebelumnya yang berada pada angka 69,74.

Kesejahteraan Masyarakat dan Ketahanan Pangan

Di tahun 2023 Angka Pengangguran mengalami penurunan, dengan capaian sebesar 6,08 persen, yang pada Tahun sebelumnya, tahun 2022, sempat mencapai besaran 6,70 persen.

Ditahun 2023 merupakan Tahun Ketiga pelaksanaan RPJMD Tahun 2021 – 2026 yang memuat Visi, Terwujudnya Masyarakat Kotabaru Yang Semakin Mandiri Dan Sejahtera, Melalui Peningkatan di bidang Agrobosnis dan Kepariwisataan.

Beberapa Indikator Kinerja Pemerintah Daerah Sepanjang Tahun 2023, diantaranya, Pembangunan dibidang pertanian terus dilakukan pemantapan, sehingga realisasi PDRB Sektor Pertanian Kabupaten Kotabaru mencapai 114,87%. Capaian tersebut masuk dalam kategori capaian yang tinggi.

Bidang Perikanan, pencapaian total produksi perikanan Tahun 2023 sebesar 101 Ribu Ton dari target 104 Ribu Ton. Sehingga masuk kategori capaian tinggi. Begitu juga Indeks Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Kotabaru sebesar 98,81 persen, masuk pada kategori sangat tinggi.

Pada Bidang Kepariwisataan, yang menjadi perhatian intens pemerintah Kabupaten Kotabaru, dimana sepanjang tahun 2022-2023, segala macam Event digelar yang sifatnya memancing dan menarik minat pengunjung berdatangan ke Kotabaru, seperti Even Paralayang dan Gantole, serta event event lainnya, mengakibatkan meningkatnya kunjungan wisata, sehingga pendapatan asli daerah sektor pariwisata meningkat dengan capaian 1.413 persen.

Baca Juga:  Seratus Guru dan Sekolah Ikuti Program Berbahasa Inggris

Meningkatnya investasi di Kabupaten Kotabaru Pada Tahun 2023, ditandai dengan meningkatnya Penyerapan Tenaga Kerja. Terbukti dengan angka kesempatan kerja berada pada 98 persen.

Peningkatan kualitas Penataan Ruang Kotabaru, sejalan dengan peningkatan sarana dan prasarana untuk mempercantik Tata Kota Baru.

Demikian juga dengan meningkatnya derajat kesehatan, dibuktikan dengan meningkatnya usia harapan hidup warga Bumi Sa-Ijaan. (**)

Iklan
Iklan