Iklan
Iklan
Iklan
BalanganBANUA KITA

Desa Liyu Bawa Adaro Raih Gold di Ajang CSR dan PDB Awards 2024

×

Desa Liyu Bawa Adaro Raih Gold di Ajang CSR dan PDB Awards 2024

Sebarkan artikel ini
PENGHARGAAN - Diterima Megi Raya Soseno Ketua Pokdarwis Desa Liyu. (KP/Srd)

Balangan, KP – Desa Liyu, Kecamatan Halong berhasil membawa Gold di ajang CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Awards 2024.

Penghargaan bergengsi Gold menjadi penanda keberhasilan Adaro dalam mewujudkan kontribusi nyata bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Ini merupakan kali kedua Adaro meraih penghargaan yang sama sejak dua kali keikutsertaan, meneguhkan posisinya sebagai pionir perubahan positif di tanah air.

Penghargaan Gold didapat melalui program Pengembangan Pariwisata Desa Liyu Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan dengan raihan nilai 90,58.

Desa Liyu menyimpan banyak potensi wisata alam dan ritual adat yang masih terus terjaga, seperti Mesiwah Pare (syukuran pasca panen) dan Melatu Wini (ritual bercocok tanam). Sumber kekuatan inilah yang akhirnya melahirkan Festival Mesiwah Pare Gumboh dan kemudian menjadi daya tarik wisatawan, baik lokal maupun asing berkunjung.

2011 menjadi awal bagi Adaro melalui Yayasan Adaro Bangun Negeri dalam penguatan kelembagaan Desa Liyu. Tahun 2019 baru dirumuskan konsep dan menjadi gelaran perdana Mesiwah Pare Gumboh. Tak berhenti di situ, Adaro juga turut membantu dalam penyediaan sarana prasarana pengolahan air bersih dan pengadaan solar cell untuk kebutuhan listrik cadangan.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim menyerahkan langsung penghargaan kepada local heros yang berperan aktif dalam keberhasilan program tersebut, yaitu Megi Raya Soseno Ketua Pokdarwis Desa Liyu di The Westin Jakarta.

“Penghargaan ini sebagai bukti keberhasilan desa untuk mengembangkan diri dengan potensi yang ada. Bahwa kita, perusahaan dan desa, bisa saling bekerja sama menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat di masing-masing desa,” jelas Corporate Social Responsibility Departemen Head PT Adaro Indonesia Firmansyah, Senin (13/5/2024). 

“Motivasi untuk lebih bersemangat mengembangkan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang ada dan potensi di masing-masing desa. Mudah-mudahan tahun berikutnya bisa mengirimkan desa-desa yang memiliki potensi untuk dikembangkan dan kekhasan yang bisa kita bawa kembali ke CSR dan PDB Awards,” imbuhnya. (rel/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Aplikasi Mobile JKN Beri Beragam Kemudahan Layanan
Iklan