Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Erick Thohir Sebut Jens Raven, dan Calvin Verdonk Menyusul Dinaturalisasi

×

Erick Thohir Sebut Jens Raven, dan Calvin Verdonk Menyusul Dinaturalisasi

Sebarkan artikel ini
Ketum PSSI Erick Thohir saat bersama tiga pemain keturunan di Jakarta. Mereka adalah Maarten Paes, Jens Raven, dan Calvin Verdonk. (Kalimantanpost.com/Tangkapan layar Instagram erickthohir)

JAKARTA, Kalimantanpost.com – Setelah Maarten Paes, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan pengambilan sumpah di Jakarta, Selasa (30/4/2024), dua pemain keturunan lainnya akan menyusul dinaturalisasi.

Marteen Paes sendiri diambil sumpah dilakukan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta dan dipimpin Kepala Kantor Wilayah R. Andika Dwi Prasetya.

Ketum PSSI, Erick Thohir, hari ini juga menemui tiga pemain keturunan di Jakarta. Mereka adalah Maarten Paes, Jens Raven, dan Calvin Verdonk.

Erick juga mengatakan, Raven dan Verdonk juga akan dinaturalisasi.

“Setelah tiba di Jakarta dari Doha, saya kembali fokus memperkuat tim nasional. Hari ini Maarten Paes sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia. Sementara Calvin Verdonk pemain NEC Nijmegen dan Jens Raven pemain FC Dordrecht juga dalam proses naturalisasi,” kata Erick dikutif dari laman PSSI, Rabu (1/5/2024).

Berdasarkan unggahan instargram Erick Thohir, ketiga pemain keturunan ini disambut hangat Menteri BUMN ini.

Mereka asyik berbincang-bincang sambil bercada gurau.

Usai bertemu dengan Erick Thohir, Calvin Verdonk memasang fotonya dengan Ketua Umum PSSI diinstagram pribadinya.

Pemain NEC Nijmegen ini menulis di statusnya: “Terima kasih atas sambutan Indonesia.”

Sementara itu, Maarten Paes mengatakan tak dirinya sangat senang menjadi WNI.

“Saya sangat bangga. Ini adalah momen besar (bersejarah) bagi saya. Momen yang membahagiakan untuk dibagi bersama masyarakat Indonesia, saya sangat bangga dan tidak sabar untuk memulai bermain (bersama timnas Indonesia), ” kata Maarten Paes.

“Semuanya sudah jelas untuk Juni nanti (Kualifikasi Piala Dunia 2026). Saya rasa bangsa ini layak untuk berada di Piala Dunia, dan itu adalah target utama saya, dan bermain sebanyak mungkin. Serta memberikan dampak (bagi timnas) di dalam dan di luar lapangan. Karena saya juga ingin menjadi contoh (teladan) bagi generasi yang lebih muda,” tambahnya.

Baca Juga:  Bergulir Saat Tahun Politik, PON 2024 Tetap Digarap

“Para penggemar di Indonesia sangat luar biasa. Mereka orang-orang paling loyal yang saya tahu, dan mereka orang-orang yang penuh dengan semangat. Bisa dilihat, di Piala Asia U-23 saat ini, bagaimana mereka memberikan dukungan kepada timnas, bahkan hingga di luar stadion, ” tukas Maarten Paes.

Paes adalah kiper kelahiran Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998. Saat ini kiper dengan tinggi 191cm itu bermain di Liga Amerika Serikat (MLS) bersama FC Dallas.

Paes memiliki darah Indonesia dari sang nenek yang lahir di Pare, Kediri, Jawa Timur pada 20 Maret 1940.

Dia merupakan pemain naturalisasi rekomendasi Shin Tae Yong untuk memperkuat Timnas Indonesia. Kiper 25 tahun itu menjalani proses naturalisasi bersama Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen pada awal Maret 2024.

Maarten Paes diharapkan daapt memperkuat timnas Indonesia saat melawan Irak (6 Juni) dan Filipina (11 Juni) pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Jakarta. (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan