Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Ini Hasil Survei Tentang Gen Z, MUF pun Dukung Peningkatan Literasi Keuangan Generasi Milineal

×

Ini Hasil Survei Tentang Gen Z, MUF pun Dukung Peningkatan Literasi Keuangan Generasi Milineal

Sebarkan artikel ini
Sosialisasi literasi keuangan untuk generasi Z atau sering disebut Gen Z dengan diadakannya talkshow “Dampak Media Sosial Terhadap Pengelolaan Keuangan Gen Z, Bagaimana Solusinya? di Duta Mall Banjarmasin, Jumat (24/5/2024). (Kalimantanpost.com/ful)

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Berdasarkan hasil survei, generasi Z atau sering disebut Gen Z dikenal boros, mereka susah menabung dan malas berinvestasi.

“Mudahan yang hasil survei itu tidak ada disini,” papar
Tawakkal Tawaf, Sharia Operation & Assurance Department Head
Mandiri Utama Finance mengawali pembicaraan saat menjadi narasumber sosialisasi literasi keuangan untuk generasi Z atau sering disebut Gen Z dengan diadakannya talkshow “Dampak Media Sosial Terhadap Pengelolaan Keuangan Gen Z, Bagaimana Solusinya?

Acara talkshow ini merupakan rangkaian dari MUF Auto Fest 2024 Banjarmasin yang
sedang berlangsung dari 22-26 Mei 2024. Berlokasi di Duta Mall Banjarmasin, talkshow disambut hangat oleh masyarakat Banjarmasin, terutama Gen Z yang sebagian besar diwakili
oleh mahasiswa setempat, Jumat (24/5/2025) sore.

Menurut Tawakkal, ada beberapa yang mempengaruhi perencanaan keuangan seseorang yakni kondisi pekerjaan, kondisi perekonomian nasional, tingkat pendidikan, status perkawinan, kondisi keluarga, usia dan kondisi kesehatan.

“Juga ada empat hal yang diperhatikan dalam pengelolaan keuangan yakni perencanaan keuangan, sumber dana, alokasi dana dan mengelola resiko,” ucapnya.

Bagaimana di era medsos terhadap pengelolaan keuangan generasi Z sekarang ini.

Para peserta semakin antusias dengan dibahasnya dampak media sosial yang semakin membuat mayoritas Gen Z cenderung sulit dalam memprioritaskan kebutuhan pribadinya dengan melihat lifestyle yang ada di sosial media.

“Kita tidak bisa menghindari medsos karena bagian kehidupan kita. Medsos itu kaya bermata dua, bisa berdampak positif dan bisa berdampak buruk tergantung kalian,” tandasnya.

Dia pun menekankan pentingnya pengelolaan keuangan untuk membantu seseorang dalam mencapai tujuan hidupnya, seperti misalnya untuk para Gen Z yang ingin memiliki kendaraan bermotor untuk belajar, bekerja ataupun berlibur.

“Dengan pengelolaan keuangan yang baik, seseorang bisa mengerti bagaimana setiap
keputusan keuangan yang dibuat berdampak ke arah lain dari keseluruhan situasi keuangan dirinya,” ungkap Tawakkal.

Baca Juga:  Muncul Kubu Baru, Formatur Pengurus Makam Dibentuk

Tawakkal juga memperkenalkan adanya pembiayaan syariah yang dapat menjadi alternatif dalam merealisasikan tujuan atau impian para peserta, termasuk mengenai perbedaan dengan pembiayaan konvensional, manfaat dan risiko dari pembiayaan syariah.

“Saya berharap, kegiatan literasi keuangan tidak hanya sebagai sarana edukasi tapi juga bermanfaat bagi peserta sehingga di kemudian hari dapat memprioritaskan apa yang menjadi kebutuhannya,” tandasnya.

Sementara itu, Elisabeth Lidya Sirait, Corporate Secretary & Legal Deputy Division Head Mandiri Utama Finance mengatakan kegiatan sosialisasi literasi keuangan ini diselenggarakan
sebagai bentuk komitmen Mandiri Utama Finance terhadap peningkatan literasi keuangan di
Indonesia.

“Kegiatan ini juga merupakan amanat Peraturan OJK yang mengatur kewajiban
penyelenggaraan kegiatan untuk meningkatkan literasi keuangan. Harapan kami, melalui Kegiatan ini, masyarakat Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin dapat mengambil manfaatnya berupa pengetahuan dari narasumber yang kompeten di bidangnya,” ungkap
Elisabeth.

Selain memberikan sosialisasi tentang literasi keuangan, MUF juga memperkenalkan
MONA, MUF Online Assistant, kepada mahasiswa yang hadir. MONA dapat diakses kapan saja dan dimana saja untuk dapat memberikan layanan konsumen berupa informasi produk dan
layanan MUF kepada konsumen secara digital. Sesi diskusi diakhiri dengan foto bersama dan
pengumuman pemenang doorprize menarik bagi mahasiswa yang beruntung.

Pada kegiatan MUF Auto Fest 2024 Banjarmasin, MUF menghadirkan berbagai
program dan penawaran spesial untuk masyarakat baik pembiayaan konvensional maupun pembiayaan syariah, seperti bunga atau margin spesial pameran untuk mulai dari 2,00 persen , DP
mulai dari 0 persen, pinjaman dana tunai sampai dengan Rp500 juta, dan hadiah cashback sampai
dengan Rp1 juta. (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan