Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KALTENGPalangka Raya

Kalteng Gelar Penajaman Musrenbang RPJPD Provinsi Kalteng Tahun 2025-2045

×

Kalteng Gelar Penajaman Musrenbang RPJPD Provinsi Kalteng Tahun 2025-2045

Sebarkan artikel ini
Peserta rapat Penajaman Musrenbang 2025-2045. (Kallimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko buka kegiatan Pelaksanaan Paska Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Kalteng Tahun 2025-2045 dan Paska Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kalteng Tahun 2025, di Palangka Raya, Rabu (22/5/2024).

Sekda melalui Yuas mengatakan Rapat Teknis Paska Musrenbang Provinsi Kalteng merupakan forum antar pemangku kepentingan, sebagai salah satu tahapan yang kita lalui dalam rangka penyusunan rencana pembangunan daerah untuk membahas rancangan RPJPD tahun 2025-2045 dan RKPD Provinsi Kalteng tahun 2025.

“Kegiatan Paska Musrenbang ini mempunyai arti strategis bagi pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah, dalam rangka sinkronisasi dan sinergi untuk penajaman, penyelarasan dan klarifikasi terhadap rancangan RPJPD Provinsi Kalimantan tengah Tahun 2025-2045 dan juga RKPD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2025,” ujarnya.

Yuas mengungkapkan sesuai agenda pembangunan Provinsi Kalteng pada rancangan RKPD 2025 yaitu Memantapkan Pembangunan melalui Pemerataan dan Peningkatan Kualitas Kesejahteraan Masyarakat, Menuju Kalteng Unggul dan Bermartabat, diperlukan program, sasaran, dan prioritas kegiatan strategis guna mewujudkan Kalteng Makin BERKAH.

Dikemukakannya, penyusunan RKPD tahun 2025 mengacu pada dokumen RPJMD Provinsi Kalteng tahun 2021-2026 dan mempedomani rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2025

Ada pun tema yang diusung untuk wilayah Kalimantan, ‘Superhub Ekonomi Nusantara”. Sedangkan untuk Provinsi Kalimantan Tengah sendiri mengusung tema ‘Lumbung Pangan Nasional dan Pusat Konservasi Internasional.

Yuas berharap melalui kegiatan ini nantinya terdapat keselarasan visi, misi, arah kebijakan, dan 45 indikator utama kabupaten/kota dengan provinsi maupun nasional tahun 2025-2045.

“Saya minta program/kegiatan yang diusulkan menjadi program/kegiatan prioritas dan strategis pembangunan Kalimantan Tengah tahun 2025, ‘dapat diintegrasikan untuk mencapai keterpaduan/keserasian antar wilayah, antar sektor, dan antar pelaku pembangunan,” tandasnya.

Baca Juga:  Dukung Keterbukaan Informasi Publik, Dislutkan Kalteng di Visitasi Komisi Informasi

Sementara itu Perencana Ahli Muda Bappedalitbang Prov Kalteng Fredy Darinton menyampaikan dalam laporannya, kegiatan ini bertujuan untuk sinkronisasi perencanaan pembangunan Provinsi dan Kabupaten/Kota serta perencanaan pembangunan antar Kabupaten/Kota se-Kalteng tahun 2025-2045 maupun 2025.

Kemudian guna penyelarasan antara visi, delapan misi, 17 arah pembangunan, dan 45 indikator utama pembangunan antara RPJPD Kabupaten/Kota, RPJPD Provinsi terhadap RPJPN; serta penyelarasan usulan program kegiatan prioritas Provinsi, Kabupaten/Kota dalam rangka pencapaian target prioritas Provinsi.

Hadir di acara tersebut Kepala Bapeddalitbang Kabupaten/Kota se-Kalteng. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan