Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KALTENGPalangka Raya

Mobil Hias Udang Padame Juara Pertama Kalteng Expo dan Pawai Karnaval

×

Mobil Hias Udang Padame Juara Pertama Kalteng Expo dan Pawai Karnaval

Sebarkan artikel ini
Wagub Kalteng, Edy Pratowo serahkan Piala juara pertama pada Karnaval Budaya Isen Mulang tahun 2024. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA Kalimantanpost.com – Mobil hias udang padame milik Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalteng meraih penghargaan juara pertama kategori umum pada Karnaval Budaya Isen Mulang tahun 2024.

Penghargaan pemenang tersebut diserahkan Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo saat Penutupan Festival Budaya Isen Mulang di halaman GOR Indoor Serbaguna Palangka Raya, Jumat (24/5/2024).

Kepala Dislutkan Provinsi Kalteng H Darliansjah menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian ini.

Ia mengaku bangga, karena dalam dua event Peringatan Hari Jadi Ke-67 Provinsi Kalimantan Tengah, yaitu Kalteng Expo tahun 2024 dan Karnaval Budaya FBIM tahun 2024, Dislutkan Provinsi Kalteng berhasil meraih gelar terbaik pertama.

“Tahun ini Dislutkan Provinsi Kalteng menampilkan kapal penangkap ikan yang juga menampilkan udang sebagai simbol Bersatu dalam membangun Kalteng yang Berkah, Maju dan Bermartabat,” ungkap Darliansjah.

Udang sebagai simbol kekayaan laut, tidak hanya mencerminkan potensi sumber daya alam, tetapi juga persatuan antara Suku Dayak dan Masyarakat Pesisir dalam menjaga keberlanjutan kelautan dan perikanan.

Darliansjah mengatakan di karnaval itu ditampilkan pula Maskot Udang Vaname yang merupakan komoditas yang sedang dibudidayakan di tambak udang Shrimp Estate Berkah yang berada di Kabupaten Sukamara.

Shrimp Estate Berkah udang padame itu merupakan program strategis Pemerintah Provinsi Kalteng dan terobosan inovatif Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran.

Dengan kearifan lokal, Gubernur Kalimantan Tengah menggagas inovasi pengembangan potensi Kelautan dan Perikanan melalui program Shrimp Estate Berkah atau Pengembangan Kawasan Tambak Udang Vaname di Sukamara, yang diyakini mampu menjadi trigger percepatan tumbuhnya ekonomi baru di wilayah pesisir pantai Kalteng.

“Yang akhirnya akan mampu berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD), penyerapan tenaga kerja lokal dan wirausaha handal di Kalteng,” kata Darliansjah.

Baca Juga:  Legislator Kapuas Sambut Baik di Bentuknya Satgas PPA

Ia berharap, melalui karnaval ini dapat menyampaikan kepada pemangku kepentingan dan masyarakat Kalimantan Tengah tentang program strategis Pemerintah Provinsi Kalteng yang dilaksanakan oleh Dislutkan Provinsi Kalteng untuk menyatakan kehadiran pemerintah dalam mewujudkan harapan masyarakat.

Pihaknya berterima kasih kepada Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran atas petunjuk dan arahan yang jelas kepada Dislutkan. “Sehingga program strategis Pemerintah Provinsi Kalteng yang dilaksanakan Dislutkan dapat berjalan dengan baik dan lancar dalam mewujudkan Kalteng Berkah, Maju dan Bermartabat,” ucap Darliansjah.(drt/KPO-3)

Iklan
Iklan