Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
BanjarmasinTRI BANJAR

Partisipasi Masyarakat Menentukan Kejar Target Layanan Sanitasi

×

Partisipasi Masyarakat Menentukan Kejar Target Layanan Sanitasi

Sebarkan artikel ini

Pemko Banjarmasin melalui Perumda PALD ujarnya, sudah memberikan layanan dalam upaya mengatasi persoalan terkait sanitasi

BANJARMASIN, KP – Direktur Utama (Dirut) Perumda Pengelolaan Air Limbah Domestik (PALD) Kota Banjarmasin, Endang Waryono mengatakan, partisipasi masyarakat merupakan aspek penting dalam pengelolaan lingkungan tak terkecuali dalam melaksanakan program perbaikan sanitasi melalui layanan pengelolaan air limbah Perusahaan Umum Daerah Pengelolaan Air Limbah Domestik ( Perumda PALD).

“ Menyadari pentingnya aspek ini tentunya pengelolaan sanitasi perkotaan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi juga harus didukung dan partisipasi masyarakat menjadi pelanggan Perumda PALD,” kata Dirut Perumda PALD Kota Banjarmasin. Endang Waryono.

Kepada {KP} Sabtu (25/5/2024( ia mengatakan kondisi minimnya pendapatan dari layanan air limbah saat ini sedang dihadapi Perumda PALD Banjarmasin. Salah satu penyebabnya karena masih rendahnya minat masyarakat untuk berlangganan pada PALD.

Padahal Pemko Banjarmasin melalui Perumda PALD ujarnya, sudah memberikan layanan dalam upaya mengatasi persoalan terkait sanitasi tersebut.

Ia mengemukakan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) , pemerintah melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/ Bappenas) telah menargetkan tahun 2024 100 persen rumah tangga yang sudah memiliki akses air minum layak dan 90 persen rumah tangga dengan sanitasi yang layak dan aman.

RPJM ini ungkapnya, diperkuat dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor : 122 tahun 2015 tentang Sistem Penyediaan Air Minum. “ Sementara dalam Perda Kota Banjarmasin mengamanatkan Pengelolaan Air Limbah Domestik,” ujarnya.

Endang Waryono mengatakan, di Kota Banjarmasin layanan air bersih sudah mencapai 90 persen lebih. “Nah sekarang tinggal mengejar layanan sanitasi yang kini masih jauh dari target,” sebutnya.

Terkait untuk mengejar target capaian sanitasi melalui layanan pengelolaan air limbah Endang Waryono menyebut, suntikan dana berupa penyertaan modal dari APBD Kota Banjarmasin saat ini sangatlah diperlukan guna mewujudkan tujuan tersebut.

Baca Juga:  Wali Kota Aditya Sebut Banjarbaru Kota Seluruh Budaya

Lebih ia menyampaikan, penyesuaian tarif layanan air limbah dimaksudkan sebagai salah satu bentuk peran serta partisipasi masyarakat dalam menjaga kondisi sanitasi lingkungan guna mencegah dan mengantisipasi pencemaran lingkungan dengan melakukan pengelolaan air limbah domestik yang layak dan aman. “ Masalahnya karena sudah menjadi tugas setiap pemerintah daerah untuk mengejar target nasional pelayanan sanitasi,” tandasnya.

Menurutnya, saat ini rumah tangga di Banjarmasin berlangganan pembuangan air limbah pada Perumda PALD baru 5 persen dengan jumlah sebanyak 7000 pelanggan.

Sementara Sekretaris Komisi II DPRD Kota Banjarmasin Aliansyah menyatakan, bahwa pihak dewan akan terus mendorong upaya Perumda PALD dalam upaya terpenuhinya target layanan sanitasi kota ini.

Namun demikian ia juga mengakui, untuk meningkatkan pelayanan sanitasi selain diperlukan partisipasi masyarakat juga dibutuhkan ketersediaan permodalan memadai. (nid/K-3)

Iklan
Iklan