Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
KALTENGPalangka Raya

Perlunya Kerjasama P3A dalam Penggunaan Air untuk Tanaman Padi

×

Perlunya Kerjasama P3A dalam Penggunaan Air untuk Tanaman Padi

Sebarkan artikel ini
Peserta pembinaan perkumpulan pengguna air. (Kalimantanpost.com/Repro humas Pemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen SDA Kementrian PUPR Ir Raharjo Ari Karjanto, MSi tekankan pentingnya koordinasi dan kerjasama Perkumpulan Petani Pemakai Air ( P3A), sehingga manfaat air optimal.

Hal itu disampaikannya disela-sela kegiatan Pembinaan Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) yang di gelar oleh Dinas PUPR Provinsi Kalteng, Selasa (28/5/2024) di Palangka Raya.

Dinas PUPR Provinsi Kalteng mengundang kelompok tani se-Kalteng mengikuti pelatihan penggunaan air untuk tanaman padi dan penggunaan lainnya

Kepada peserta binaan Ir Raharjo Ari Karjana, MSi mengatakan air adalah sumber kehidupan. Semua makhluk hidup di bumi, baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan, pasti membutuhkannya.

Secara umum, fungsi air adalah sebagai air minum, pembangkit tenaga listrik, serta dimanfaatkan untuk mandi atau masak keperluan hari hari dalam kehidupan manusia

“Banyak manfaat air yang bisa kita rasakan di berbagai bidang kehidupan. Salah satunya bidang pertanian atau agrikultur,” ujarnya.

Dijelaskan Raharjo, salah satu fungsi air di bidang pertanian ialah menyuburkan tanaman di sawah, seperti padi, jagung, dan kapas.

Aliran air yang ada di sawah merupakan bagian dari siklus hidrologi yang terjadi secara terus-menerus sepanjang tahun.

Oleh sebab itu, semua tanaman sawah atau kegiatan di bidang pertanian membutuhkan aliran air, entah itu air hujan atau semacamnya.

“Adapun irigasi adalah sistem pembagian atau pengaliran air di sawah menurut sistem tertentu yang telah ada,” jelasnya.

Dipaparkan Raharjo, beberapa fungsi air di bidang pertanian, terutama ketersediaan air sangat berpengaruh besar terhadap pertanian. Karena ketercukupan air akan meningkatkan produksi pertanian.

Manfaat air di bidang pertanian ialah mengairi tanah, sehingga suhu dan tingkat kelembapan tanahnya tetap terjaga serta subur.

Baca Juga:  KPU Saving Anggaran Pilkada di BTN, DPRD Kalteng Meradang

Air jelas membantu petani dalam pengolahan tanah. Lewat proses pembajakan, tanah bisa diolah secara lebih merata.

Ia mengajak para petani manfaatkan air sebaik baiknya untuk penggunaan tanaman padi dan sebagainya agar para petani dapat berhasil dengan berkualitas yang baik.(drt/KPO-3)

Iklan
Iklan