Iklan
Iklan
Iklan
OLAHRAGA

Timnas Indonesia U-23 tak Perlu Gentar Lawan Guinea, Ini Alasannya

×

Timnas Indonesia U-23 tak Perlu Gentar Lawan Guinea, Ini Alasannya

Sebarkan artikel ini
Pemain Timnas Indonesia saat melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang lawan. (Kalimantanpost.com/laman PSSI)

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Calon lawan timnas U-23 Indonesia di play off Olimpiade 2024, Guinea terus diungkap memiliki kekuatan cukup ‘menakutkan’ dengan diperkuat 16 pemain abroad baik berkiprah di Eropa dan dua tampil di negara Afrika lainnya.

Bahkan Guinea akan menambah kekuatannya dengan mendatangkan mantan pemain Barcelona dan sekarang membela Getafe Spanyol, Ilaix Moriba (21) dengan harga pasar Rp 52,14 miliar, Saidou Sow (21) dari klub Strasbourg, Perancis harganya Rp 34,76 miliar, Facinet Conte membela klub SC Bastia Perancis dihargai Rp 13,91 miliar dan Ibrahim Diakite (20) FC Stade Lausanne Ouchy Swiss yang harga pasarannya Rp 15,64 miliar.

Sekitar 70 persen bermain di luar negeri membuat peringkat empat zona Afrika lebih diunggulkan akan mengalahkan Garuda Muda dalam pertandingan bakal digelar di INF Clairefontaine, Clairefontaine-en-Yveline, Prancis, pada Kamis (9/5/22024) malam.

Secara matematis Guinea lebih diunggulkan materi pemain maupun skill individu, peluang Indonesia masih terbuka memenangkan pertandingan.

Berdasarkan rapot terakhir kedua tim di penyisihan grup Banua masing-masing, perjalajanan Infonesia lebih baik.

Di Piala Afrika U-23, hanya diikuti 8 negara dan dibagi dua grup. Guinea lolos penyisihan grup dengan meraih 4 point dari satu menang dan sekali 1 seri bisa langsung ke semi final

Di semifinal kalah dari Mesir yang akhirnya juara kedua dan diperebutan posisi 3 mereka kalah dari Mali melalui babak adu pinalti.

Indonesia sendiri lolos dari penyisihan Grup A Piala Asia U-23 dengan meraih 6 poin dari 2 kali menang dan satu kali kalah. Di perempatfinal menang atas Korsel melalui drama adu penalti.

Lalu di semifinal menyerah 0-2 atas Uzbekistan. Diperebutan juara ketiga kalah lawan Irak dengan skor 1-2.

Baca Juga:  Ini Tanggapan Presiden Jokowi Atas Lolosnya Timnas Indonesia U-23 ke Qatar

Indonesia sendiri diperkuat lima pemain abroad saat melawan Guinea yakni Nathan Tjoe A-on yang bermain di klub Heerenveen Belanda, Ivar Jenner di Utrecht, Belanda, Rafael Struick di klub ADO Den Haag Belanda, Marselino Ferdinand di klub KMSK Deinze Liga 2 Belgia dan Arhan Pratama di klub Suwon FC Liga Korea Selatan.

Indonesia juga memanggil center back yang berkiprah di Liga Inggris, Elkan Baggott di Ipswich, namun masih menunggu izin dari klubnya.

Lalu, ada satu pemain yang pernah bermain di luar negeri yakni Witan Sulaiman di klub FK AS Trenčín Slovakia tahun 2022 lalu.

Satu pemain abroad Indonesia lainnya, Justin Hubner yang berkiprah di klub Cerezo Osaka Jepang dipastikan absen melawan Guinea karena akumulasi kartu kuning saat main di Piala Asia U-23.

Adanya pemain abroad dikombinasikan dengan pemain lokal yang sudah biasa membela klub senior maupun timnas Indonesia senior cukup kompak dan tampil lebih percaya dirinya.

Apalagi di pertandingan Piala Asia U-23 lalu mampu menyingkirkan tiga tim unggulan, Australia, Yordania dan terakhir Korea Selatan.

Berdasarkan catatan di atas, peluang Indonesia tak perlu gentar dan bisa mengalahkan Guinea dipertandingan play off Olimpiade 2024 sangat terbuka. Ayo Garuda Muda kamu bisa meraih tiket ke Olimpiade. (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan