Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Gol Zaccagni di Injury Time Bawa Italia Lolos ke-16, Sponyol tak Terkalahkan di Piala Eropa 2024

×

Gol Zaccagni di Injury Time Bawa Italia Lolos ke-16, Sponyol tak Terkalahkan di Piala Eropa 2024

Sebarkan artikel ini
Pemain Italia melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Krosia dalam pertandinganGrup B Piala Eropa 2024 yang berlangsung di Leipzig Stadium, Selasa (25/6/2024) dini hari WIB. Kedua tim bermain imbang 1-1. (Antara/AFP)

JERMAN, Kalimantanpost.com – Gol dramatis yang dibuat Mattia Zaccagni ke gawang Kroasia di injury time menit 90+8 membawa Italia lolos ke-16 besar Piala Eropa 2024.

Pertandingan antara Italia melawan Krosia di.Grup B Piala Eropa 2024 yang berlangsung di Leipzig Stadium, Selasa (25/6/2024) dini hari WIB tersebut berakhir imbang 1-1.

Sebelumnya, Krosia unggul lebih dulu melalui kapten timnya Luka Modric di menit 34.

Italia pun menjadi runner up Grup B dengan poin 4 dari sekali menang, satu kali seri dan sekali kalah, sedangkan Krosia tersingkir dalam perebutan tiket ke putaran kedua karena hanya memperoleh poin 2 dari dua kali seri dan sekali kalah.

Di pertandingan lainnya Grup B, Spanyol berhasil menumbangkan Albania 1-0 sekaligus menjadi juara grup dengan poin sempurna 9. Sebaliknya dengan kekalahan itu Albania menempati juru kunci dengan poin 1 dari tiga kali main.

Italia yang hanya membutuhkan hasil seri untuk bisa lolos ke-16 besar, sempat dibuat ketar-ketir melawan Krosia. Italia langsung mendapatkan ancaman serius saat laga baru berjalan lima menit. Sepakan Luka Sucic dari luar kotak penalti dihalau saja oleh Gianluigi Donnarumma.

Italia banyak menguasai bola, tapi masih kesulitan menciptakan peluang bersih. Dua upaya dari Mateo Rategui masih terhalang pemain Kroasia.

Kans bagus dari Italia pada menit ke-28. Umpan lambung Nicolo Barella ditanduk Alessandro Bastoni yang bebas di depan gawang. Namun bolanya masih bisa dihalau kiper.

Kroasia coba balas menekan. Sebuah umpan silang dari Luka Modric pada menit ke-31 memaksa Donnarumma maju memotong, nyaris jadi situasi kemelut di kotak penalti Italia.

Hingga babak pertama usai, tak ada gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua, Krosia yang harus memenangkan pertandingan tampil lebih agresif.

Baca Juga:  Tim Paman Birin 'Jajal' Tim Putsal SMADA Bmasin

Kroasia dapat penalti pada menit ke-53 berkat hand ball. Modric maju sebagai eksekutor tapi tembakannya ke pojok kanan terbaca oleh Donnarumma.

Hanya semenit sejak eksekusinya gagal, Modric mencetak gol. Umpan panjang Sucic disambar Ante Budimir di depan gawang dan berhasil dihalau Donnarumma. Modric yang tak terkawal lantas menyambar bola rebound ke dalam gawang.

Italia meningkatkan intensitas serangannya selepas kebobolan. Sundulan Bastoni menyambut korner Giacomo Raspadori melesat tipis ke atas gawang, lalu sepakan Darmian terhalang.

Peluang bagus dari Italia pada menit ke-87. Federico Chiesa lolos di kanan dan mengirim umpan silang menggoda, namun Gianluca Scamacca gagal menyambar.

Italia menyamakan skor pada menit ke-98, menit terakhir masa injury time. Calafiori merangsek ke depan dan menyodorkan bola ke Mattia Zaccagni di kiri.

Dengan cerdik Zaccagni menempatkan bola ke pojok kanan. Gol ini memastikan kelolosan Italia.

Sementara itu, timnas Spanyol menang tipis 1-0 atas Albania dalam laga ke-3 Grup Bdi Espirit Arena, Dusseldorf pada Selasa dini hari WIB.

Gol kemenangan La Furia Roja dicetak oleh Ferran Torres di babak pertama atau pada menit ke-13. Ini juga menjadi gol ke-20 Ferran untuk Timnas Spanyol

Sementara itu perjalanan Albania di Euro 2024 harus berakhir di fase grup. Mereka berada di dasar grup dengan hanya meraih satu poin setelah dikalahkan Italia 1-2 dan bermain imbang 2-2 lawan Kroasia, demikian yang dilansir dari laman resmi UEFA.

Spanyol yang sudah memastikan lolos ke 16 besar melakukan rotasi pemain. Hanya Aymeric Laporte yang tetap diturunkan sebagai starter dari dua laga sebelumnya.

Sementara Albania tetap menurunkan skuad terbaik untuk mengincar kemenangan

Baca Juga:  De la Fuente Sempat Diragukan dan Ungkap Rahasia Sukses Spanyol

Pelatih Spanyol Luis de la Fuente mengandalkan Joselu, Ferran Torres dan Mikel Oyarzanal di lini depan.

Mikel Merino punya peluang kala menyambut umpan silang Jesus Navas. Namun, tandukannya masih bisa ditahan Thomas Strakosha.

Spanyol bisa unggul ketika pertandingan berjalan 13 menit. Dani Olmo melepas umpan terobosan akurat ke Ferran Torres yang menusuk dari sisi kanan.

Penyerang Barcelona itu langsung menuntaskannya dengan tembakan kaki kiri mendatar yang gagal dihentikan kiper Albania, Thomas Strakosha. Skor menjadi 1-0.

Unggul cepat tidak membuat Spanyol menurunkan serangan mereka. Albania hanya bisa beberapa kali mengancam lewat serangan balik, tetapi upaya mereka belum terlalu mengancam gawang Spanyol yang dikawal David Raya.

Memasuki babak kedua, Spanyol langsung menggebrak. Joselu nyaris mencatat namanya di papan skor pada menit ke-47, tetapi tendangan akrobatiknya masih melenceng tipis di sisi kiri gawang.

Pada menit ke-66, mereka mendapatkan peluang emas untuk menyamakan skor

Armando Broja berhasil lolos ke kotak penalti, tetapi tembakan kerasnya masih bisa diblok David Raya.

Fuente memasukkan Alvaro Morata dan Lamie Yamal pada menit ke-72 demi menambah keunggulan. Namun, pergantian itu belum mampu membuahkan hasil.

Albania justru hampir mencetak gol di masa injury time lewat tendangan bebas Armando Broja, tetapi laju bola tidak terlalu kencang dan masih bisa ditangkap Raya.

Upaya tersebut sekaligus menjadi penutup pertandingan. Spanyol menang tipis 1-0 atas Albania. (Ant/ful/KPO-3)

Hasil Pertandingan
Grup B
Minggu (16/6/2024)

  • Spanyol vs Krosia 3-0
  • Italia vs Albania 1-0

Rabu (19/6)

  • Krosia vs Albania 2-2

Jumat (21/6)

  • Spanyol vs Italia 1-0

Selasa (25/6)

  • Italia vs Krosia 1-1
  • Albania vs Spanyol 0-1

Klasemen Akhir
Grup B

  1. Spanyol 3 3 0 0 5-0 9
  2. Italia 3 1 1 1 3-3 4
  3. Krosia 3 0 2 1 3-6 2
  4. Albania 3 0 1 2 3-5 1
Baca Juga:  Turki Dihantui Kekalahan Telak Maret Lalu Jelang Lawan Austria di 16 Besar Piala Eropa 2024,

Iklan
Iklan